Kembangkan Potensi Wisata Lokal, Bupati Nanang Ermanto Kucurkan Dana Rp. 20 Juta Untuk Wisata Air Terjun Way Kalam

by -1467 Views

KALIANDA – Bupati Lampung Selatan H. Nanang Ermanto memberikan kucuran bantuan dana sebesar Rp. 20 juta untuk pengembangan wisata Air Terjun Way Kalam, Desa Way Kalam, Kecamatan Penengahan.

Hal itu disampaikan Nanang Ermanto saat melakukan kunjungan sekaligus meninjau penerapan protokol kesehatan Covid-19 pada sejumlah tempat wisata lokal, termasuk air Terjun Way Kalam, Minggu (2/1/2022).

Bupati Lampung Selatan H. Nanang Ermanto disela-sela kunjungannya mengatakan, bantuan dana tersebut diberikan guna membantu perbaikan penyaluran air, untuk kamar mandi yang terdapat di tempat Wisata Air Terjun Way Kalam.

Menurut Nanang, penyediaan air tersebut sangat penting untuk menunjang kenyamanan para pengunjung yang datang. Terlebih, saat ini Wisata Air Terjun Way Kalam sudah sangat dikenal dan diminati oleh para wisatawan dalam dan luar daerah bahkan juga luar negeri.

“Jangan sampai orang mau buang air kecil, mau bilas abis mandi gak ada air. Saya bantu Rp. 20 juta untuk paralon, tower sama alat lainnya. Besok langsung dikerjakan, minggu depan kalau saya kesini lagi harus sudah siap,” ujar Nanang kepada pengurus desa dan pengelola wisata Air Terjun Way Kalam.

Nanang menambahkan, pihaknya juga akan turut membantu penerangan di wisata Air Terjun Way Kalam. Dengan demikian, lanjut Dia, proses pengembangan wisata bisa lebih cepat berkembang dan mengalami kemajuan.

Pada kesempatan itu, dirinya meminta kepada para pengelola wisata Air Terjun Way Kalam agar terus meningkatkan fasilitas penunjang lainnya. Sepeti, tempat pertemuan untuk kegiatan seremonial ataupun

“Saya akan usahakan agar disini (wisata Air Terjun Way Kalam) ada penerangan dari PLN, supaya wisatawan kalau mau ada acara malam bisa disini. Bikin tempat pertemuan, pake bambu aja. Nanti kalau ada tamu kan bisa buat acara pertemuan-pertemuan,” ujarnya lebih lanjut.

Nanang menuturkan, wisata Air Terjun Way Kalam yang dikembangkan oleh Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) setempat itu, merupakan salah satu spot wisata lokal yang memiliki potensi tinggi untuk terus dikembangkan.

“Air terjun ini asli dari alam, jadi tinggal masyarakat sini untuk memanfaatkan potensi yang ada. Terus kembangkan, supaya wisata terus maju, perekonomian juga meningkat,” tuturnya.

Sementara, Kasi Kesejahteraan Rakyat Desa Way Kalam Jakaria, mengucapkan terimakasih kepada Bupati Lampung Selatan, atas perhatian serta bantuan yang telah diberikan untuk kemajuan wisata di desanya.

“Terimakasih pak bupati karena telah membantu untuk mengembangkan tempat wisata kami. Kemarin kami juga sudah usahakan pak, sampai lembur untuk mengalirkan air untuk persiapan hari ini. Ternyata karena memang disana kecil jadi gak nyampe,” katanya.

Jakaria menuturkan, pemerintah desa bersama dengan pengelola wisata Air Terjun Way Kalam, akan segera menindaklanjuti arahan yang telah diberikan oleh Bupati Lampung Selatan.

“Iya pak siap, terimakasih pak. Akan segera kami laksanakan, besok langsung kami kerjakan supaya segera selesai pengerjaannya,” tuturnya. (ptm).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.