Daerah  

Pererat Keakraban dan Silaturahmi, Babinsa Komsos Bersama Warga Binaan

Avatar photo

LAMPUNGTERKINI.ID – Komunikasi Sosial (Komsos) adalah salah satu media Babinsa untuk mengenal warganya lebih dekat lagi dan sebagai sarana silaturahmi kepada warga binaannya agar warga menjadi lebih dekat dan akrab dengan Babinsanya, kegiatan Komsos bertujuan untuk mempererat hubungan silaturahmi antara aparat kewilayahan dan komponen masyarakat.

Kedekatan antara Babinsa Koramil 421-06/Natar Kodim 0421/Lamsel dengan Masyarakat yang dalam kesehariannya terus saling berinteraksi melalui kegiatan Komsos, sehingga timbul rasa kepercayaan dan empati Masyarakat kepada para Babinsa di Wilayah Binaannya.

Hal ini dibuktikan dengan kehadiran Dua orang Babinsa Koramil 421-06/Natar, ditempat yang berbeda yaitu Serda Epus melaksanakan komsos bersama Bapak Imam Maliki pemilik usaha serkel pengerajin kayu di Desa Trimulyo Kecamatan Tegineneng Kab. Pesawaran dan Sertu Abdul Gani melaksanakan komsos membantu menanam jagung dan singkong dilahan milik Bapak Baharudin di Desa Krawang Sari Kecamatan Natar Kab. Lampung Selatan, Minggu (21/04/2024).

Babinsa Serda Epus menuturkan, wilayah binaannya Desa Trimulyo, alamnya masih asri dan di kelilingi dengan berbagai macam pepohonan, kepada Bapak Imam Maliki dan warga, Babinsa berpesan agar selalu memperhatikan kondisi lingkungan, dalam menebang kayu tidak boleh sembarangan harus selalu memikirkan dampaknya, Menebang pohon sembarangan berarti melakukan aktivitas penebangan pohon, tanpa memperhatikan faktor lain, seperti lingkungan dan makhluk hidup.

“Menebang pohon secara sembarangan akan menimbulkan dampak bagi lingkungan dan juga orang lain, Menebang hutan sembarangan bisa menyebabkan keanekaragaman hayati menghilang, menurun, bahkan punah. Para binatang yang menggunakan pohon sebagai tempat tinggal dan tempat berlindung, ikut terkena dampaknya pula,” jelas Babinsa.

Dilokasi Komsos Bapak Imam Maliki dan warga mengucapkan banyak terima kasih kepada Babinsa atas arahannya walaupun ditengah kesibukannya namun diwilayah tetap aktif.

“Masukan, himbauan dan penekanannya akan kami laksanakan apa yang sudah Babinsa sampaikan,” tutur Bapak Maliki.

Terpisah Sertu Abdul Gani dalam komsosnya membantu Bapak Baharudin menanam jagung dan singkong, disela kegiatannya Babinsa Krawang Sari, menjelaskan, kegiatan pendampingan ini merupakan salah satu wujud nyata di lapangan untuk memberi semangat dan motivasi kepada petani dalam mendukung dan menyukseskan program swasembada pangan Nasional.

“Kegiatan ini juga untuk mempererat kedekatan serta Kemanunggalan TNI khususnya Babinsa dengan warga binaannya, mendorong dan memotivasi warga binaan dalam meningkatkan taraf hidup masyarakat, mengingat mayoritas masyarakat di pedesaan sektor pertanian dijadikan salah satu profesi andalan oleh karena itu ini berkaitan dengan pertumbuhan ekonomi,” jelasnya.

Bapak Baharudin selaku pemilik kebun mengatakan, terima kasih kepada Pak Babinsa yang sudah hadir membantu kami serta bertukar pikiran dan pengetahuan tentang pertanian dan menyemangati serta selalu peduli dengan kami sebagai Petani dan tiada henti hentinya membina kami, Babinsa selalu di hati.

“Kami bangga dengan TNI Khususnya Babinsa, saya Do’a kan sehat selalu Pak Babinsa dalam melaksanakan tugas tugasnya,” tuturnya.

Danramil 421-06/Natar, Kapten CKE Agus Masgusriyanto dalam rilis keterangannya menuturkan, melalui Komsos secara rutin di wilayah binaan, keberadaan Babinsa dapat lebih dikenal dan diterima baik oleh masyarakat, dengan begitu, akan terjalin keharmonisan dan kerjasama yang kuat

“Sehingga segala informasi di wilayah dapat segera kita ketahui, sebab masyarakat tidak merasa segan untuk melaporkan segala perkembangan yang ada di wilayah, sudah menjadi tugas dan tanggung jawab Babinsa untuk selalu berada di tengah-tengah masyarakat. Babinsa harus tahu situasi dan kondisi wilayah binaan dan bisa menjadi solusi bagi warganya,” pungkas Danramil.

Penulis : Heri952

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *