Daerah  

Peduli dan Cegah Stunting, Babinsa Aktif Dampingi Posyandu dan Pemberian Makanan Tambahan

Avatar photo

LAMPUNGTERKINI.ID – Stunting adalah kondisi yang ditandai dengan kurangnya tinggi badan anak apabila dibandingkan dengan anak-anak seusianya, sederhananya, stunting merupakan sebutan bagi gangguan pertumbuhan pada anak. Penyebab utama dari stunting adalah kurangnya asupan nutrisi selama masa pertumbuhan anak.

Sebagai bentuk kepedulian dan perhatian serta mendukung program pemerintah dalam penanganan percepatan penurunan Stunting, Babinsa Koramil 421-06/Natar Kodim 0421/Lamsel, Sertu Heri Indarto Melaksanakan Pendampingan Posyandu serta Pemberian Makanan Tambahan (PMT) kepada Balita dan Ibu Hamil di Desa Kalisari Kecamatan Natar Kab. Lamsel, Jum’at (26/04/2024).

Sertu Heri Indarto mengatakan, sasaran kegiatan yang dilaksanakan yaitu penimbangan berat badan, mengukur tinggi badan untuk mengetahui perkembangan dan pertumbuhan bayi serta pemberian makanan tambahan kepada balita untuk mencegah stunting. Pendampingan yang dilakukan oleh Babinsa bersama tim kesehatan adalah wujud kepedulian dan perhatian terhadap masyarakat, agar mereka mendapatkan pelayanan kesehatan yang baik dan anak balita dapat tumbuh dengan sehat.

“Kegiatan ini merupakan program rutin yang kerap dilaksanakan oleh petugas kesehatan Bidan Desa dan dibantu oleh Kader Posyandu, yang ditugaskan membantu untuk mengontrol kesehatan Balita dan Ibu hamil yang berdomisili di Desa Kalisari,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu, Babinsa Desa Kalisari itu juga menyampaikan bahwa kegiatan tersebut merupakan wujud pendampingan TNI AD di setiap kegiatan kewilayahan dalam membantu program pemerintah di bidang kesehatan khususnya.

“Sebagai seorang Babinsa yang juga aparat TNI AD sangat mendukung sepenuhnya pelaksanaan imunisasi bagi Balita ini untuk mewujudkan program pemerintah dalam menciptakan Balita yang sehat dan mencegah gizi buruk atau Stunting demi tercapainya generasi penerus bangsa yang sehat dan kuat,” tuturnya.

Selain itu, dengan adanya peran aparat TNI di tengah-tengah para petugas kesehatan merasa sangat terbantu untuk menyukseskan pelaksanaan kegiatan Posyandu Balita ini.

“Babinsa juga menyampaikan kepada para orang tua Balita untuk tetap semangat dan selalu menjaga kebersihan di lingkungannya dengan menerapkan PHBS,” tukasnya.

Di sela sela kegiatan Bidan Desa Kalisari Indah Septiana, A.Md,Keb. mengatakan bahwa, Kegiatan Babinsa dalam melaksanakan pendampingan Posyandu khususnya Posyandu Balita sangatlah positif.

“Karena bisa mengajak dan menghimbau masyarakat yang mempunyai Balita untuk melaksanakan penimbangan bayinya sehingga perkembangan kesehatan bayi setiap bulannya bisa terpantau,” tuturnya.

Penulis : Heri952

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *