PPDP Gencarkan ‘Ayo ikuti Donor Darah Massal’ Di Sidodadi

by -354 views
Paguyuban Pemuda Dusun Pati (PPDP) melaksanakan Kegiatan mengajak warga Desa nya 'Ayo ikuti Donor Darah Massal'

LAMPUNG SELATAN–Paguyuban Pemuda Dusun Pati (PPDP) melaksanakan Kegiatan mengajak warga Desa nya ‘Ayo ikuti Donor Darah Massal’ kegiatan di gelar di SDN 1 Sidodadi Desa Sidodadi Kecamatan Sidomulyo, Lampung Selatan, Minggu (9/2/2020).

Kades Sidodadi Sigig Edi Lukman mengatakan, kegiatan donor darah tersebut sebagai bentuk kepedulian para pemuda-pemudi Dusun Pati terhadap sesama. Pihaknya ingin memberikan contoh untuk generasi muda yang ada desa lain nya.

“Kegiatan ini merupakan aksi sosial yang di harapkan bisa bermanfaat untuk sesama manusia. Disamping itu juga kami juga ingin memberikan contoh kepada generasi muda, khususnya di desa Sidodadi, mari kita membuat tindakan yang positif, yang bisa membantu orang lain” ujarnya.

Untuk menarik minat para pemuda dan warga, kami memberikan souvenir sebagai daya tarik pengunjung, dan sebagai ajang silaturahmi antar pemuda dan warga desa Sidodadi, acara donor yang sudah 2 tahun rutin mereka laksanakan, dan akan di jadikan agenda rutin dalam 3 bulanan sekali.

Terbukti target PMI 30 kantong, Pendaftar 64 orang, yang memenuhi kriteria 48 orang,

“Alhamdulillah jadi target terlampaui dan petugas PMI bisa membawa pulang 48 kantong darah. Semoga bermanfaat untuk saudara kita yang membutuhkan dan menjadi ladang pahala buat semua yang sudah ikutan di dalam mendonorkan darah nya” imbuhnya.

DR. Rio Wawan Haryanto selaku tim medis UTD PMI Lamsel menyampaikan, Donor darah baik buat kesehatan kita di sarankan 3 bulan sekali, karena disana kita bisa menjaga kesehatan kita terutama jantung dan ginjal kita, maka akan bagus darah kita di donorkan ke orang lain, maka darah merah kita akan diregenerasikan terus dan nantinya akan selalu sehat.

“Kalau efek nya pasti ada minimal lemas walaupun tensinya awalnya normal AB nya normal dan setelah mendonor kan diri ada sebagian lemas, pusing pasti ada dan semuanya efeknya ada, namun efek samping nya lebih besar lagi nantinya di kemudian hari” ungkapnya.

“Dan kalau masalah takut itu lumrah, mungkin takut dengan jarum nya, ada juga takut dengan melihat darah nya, hal seperti itu mungkin harus di terapi dulu dan nanti kalau sudah di donorkan pasti nanti nya dipastikan merasakan enak nantinya” tambahnya.

Terpisah, Agus Sartono salah satu Ketua 1 Wakil DPRD Lampung Selatan. mengatakan, kegiatan donor darah ini di prakarsai oleh Pemuda Dusun Pati Desa Sidodadi hal tersebut merupakan kegiatan yang kreatif, inovatif dan mandiri serta kegiatan itu sangat luar bisa sangat peduIi dengan kemanusiaan

“Kegiatan kalau bisa rutin di lakukan tiga bulan sekali minimal, untuk menjaga kesehatan kita, dan untuk para pemuda-pemudi dan warga tetap menjunjung tinggi norma-norma nilai agama, tetap selalu menjaga hukum dan adat istiadat” ujarnya.

“Ini dibuktikan dengan terselenggaranya kegiatan donor darah ini , tentu ini sesuai dengan ciri kaum milenial yaitu kreatif, inovatif dan mandiri, kami selaku Anggota Dewan Lampung Selatan sangatlah mendukung dan mengapresiasi kegiatan tersebut” tambahnya. (met)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.