Daerah  

Komsos Cerminan Kepedulian Babinsa Terhadap Warga Binaan

Avatar photo

LAMPUNGTERKINI.ID – Kepedulian dan keakraban para Babinsa Koramil 421-06/Natar, Kodim 0421/Lamsel dengan masyarakat yang dalam kesehariannya terus saling berinteraksi melalui kegiatan Komunikasi Sosial (Komsos) di wilayah, sehingga timbul rasa kepercayaan dan empati Masyarakat kepada para Babinsa di wilayah Binaan.

Hal ini dibuktikan dengan kehadiran Babinsa Koramil 421-06/Natar, Sertu Ayatul Komini dalam rangka mewujudkan ketahanan pangan membantu Bapak Tuwiran memanen padi di lahan seluas 1/4 hektar di Dusun Sidoarjo Desa Negara Ratu Kec. Natar Serta Serda Taufik Felani yang peduli dengan warga binaan membantu mengaduk adonan semen dalam pembangunan rumah Bapak Sunarno di Dusun Talang Dipo Desa Rulung Mulya Kec. Natar Kab. Lamsel, Rabu (24/04/2024).

Sertu Ayatul Komini menjelaskan, kegiatan pendampingan ini merupakan salah satu wujud nyata di lapangan untuk memberi semangat dan motivasi kepada petani dalam mendukung dan menyukseskan program swasembada pangan Nasional khususnya di Desa Negara Ratu dan Kecamatan Natar umumnya.

“Kegiatan ini juga untuk mempererat kedekatan serta Kemanunggalan TNI khususnya Babinsa dengan warga binaannya, mendorong dan memotivasi warga binaan dalam meningkatkan taraf hidup masyarakat, mengingat mayoritas masyarakat di pedesaan sektor pertanian dijadikan salah satu profesi andalan oleh karena itu ini berkaitan dengan pertumbuhan ekonomi,” jelasnya.

Masih dilokasi panen Bapak Tuwiran mengucapkan terima kasih atas peran aktif Babinsa dan semoga dengan kepedulian Babinsa terhadap para petani diwilayah binaan dengan turun ke sawah membantu warga memberikan motivasi dan nilai positif bagi petani.

“Agar lebih bersemangat dalam mengolah lahan pertanian,” tuturnya.

Dilain lokasi Serda Taufik Felani menuturkan meringankan beban masyarakat adalah salah satu tugas dan tanggung jawab seorang Babinsa sebagai aparat kewilayahan Jadi merupakan kepedulian Babinsa dalam terjalin hubungan komunikasi sosial yang harmonis,humanis dan saling membantu serta menanamkan nilai-nilai budaya gotong royong, untuk menjaga kekompakan dan keharmonisan antara Babinsa dan warga binaannya.

“Kedekatan Babinsa bersama masyarakat sangat dibutuhkan guna mewujudkan kemanunggalan TNI dengan Rakyat, sebagai Babinsa yang mempunyai wilayah binaan harus selalu ada di tengah tengah masyarakat serta menggalang seluruh masyarakat dan menerapkan nilai-nilai budaya gotong royong dalam melaksanakan setiap kegiatan yang ada di masyarakat terutama di wilayah binaan,” tuturnya.

Bapak Sunarno sebagai pemilik rumah mengucapkan terima kasih kepada Pak Babinsa yang selalu peduli dalam proses pembangunan rumahnya.

“Saya sangat bersyukur mendapat bantuan dari TNI dan warga lain, merasakan terbantu dengan Babinsa yang peduli seperti ini,” ucapnya.

Dalam rilis keterangannya, apa yang telah dilakukan Babinsa, dijelaskan oleh Danramil 421-06/Natar Kapten Chb Agus Masgusriyanto, mengapresiasi tindakan dan peran aktif Babinsa di wilayah untuk selalu peduli dengan warga binaannya.

“Saya berterima kasih kepada Babinsa yang telah berperan aktif di wilayah binaan dalam mewujudkan ketahanan pangan dan kegiatan karya bakti membantu warga yang merupakan wujud implementasi salah satu butir dari Delapan Wajib TNI point ke Delapan yaitu menjadi contoh dan mempelopori usaha usaha untuk mengatasi kesulitan rakyat disekelilingnya,” tukasnya.

Penulis : Heri952

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *