Tinjau Arus Mudik di Bakauheni, Erick Thohir: Bakal Tambah Fasilitas Hotel di Pelabuhan

by -1621 Views
Menteri BUMN, Erick Thohir didampingi Direktur Utama PT.ASDP Indonesia Ferry, Ira Puspa Dewi dan Gubernur Lampung, Arinal Djunaidi memberikan keterangan terkait rencana akan menambah fasilitas penginapan di Pelabuhan, Kamis (20/4/2023) siang. (Foto : Hery Kurniawan/LT)

LAMPUNGSELATAN–Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir memastikan arus mudik lebaran tahun 2023 Pelabuhan Bakauheni berjalan lancar dan kondusif. Oleh karena itu, Ia berencana akan menambah layanan fasilitas penunjang lainnya berupa penginapan di sekitar area Pelabuhan Bakauheni.

Menurut Erick, hasil pemantauan Kementerian BUMN yakni dari Jakarta-Merak tadi, situasi arus mudiklebaran tahun 2023 kali ini, tergolong ramai dan lancar juga terkendali. Termasuk juga, yakni dengan situasi di Pelabuhan Bakauheni saat ini.

“Saya sudah tinjau langsung tadi jalur mudik dari Jakarta-merak, alhamdulilah situasi berjalan lancar. Begitu pun sama di Pelabuhan Bakauheni, saya rasa semua ini masih terkendali,”kata Erick kepada awak media di Pelabuhan Bakauheni, Kamis (20/4/2023) siang.

“Tentunya, ini merupakan bagian kolaborasi antara Pemerintah Pusat juga daerah, Kementerian BUMN, Kementerian Perhubungan, Polri dan TNI serta steak holder lainnya,”kata dia lagi.

Erick Thohir mengatakan, mengenai pencapaian pengendalian arus mudik lebaran saat ini, bahwa Ia telah berkoordinasi dengan Direktur Utama PT.ASDP Indonesia Ferry, Ira Puspa Dewi agar terminal ditambahkan baik itu di Pelabuhan Merak dan Bakauheni dan nantinya  juga ada fasilitas penginapan seperti hotel.

Bukannya tanpa sebab, kata Erick, karena mengingat antusiasme pemudik dalam melaksanakan momen tahunan (lebaran)  ini akan terus meningkat dalam setiap tahunnya.

“Harus ada fasilitas penginapan (hotel), karena kita ingin memastikan juga jika ada penumpang datang tanpa tiket. Sehingga tinggal pesan disitu, pelayanan inilah yang akan kita maksimalkan,”ujar Erick yang juga menjabat sebagai Ketua Umum PSSI.

Pemudik Mulai Terbiasa Mengakses Layanan Digital

Erick mengungkapkan, lebaran tahun ini, para pemudik sudah mulai terbiasa menggunakan layanan digitalisasi. Hal itu terlihat berdasarkan dari jumlah pesanan e-Ticketing atau penjualan tiket penumpang jalur lintasan penyeberangan melalui aplikasi Ferizy.

Pada arus mudik lebaran tahun 2023 ini, ada sekitar 95 persen pengendara sepeda motor dan 90 persen pengemudi kendaraan roda empat, telah menggunakan sistem e-Ticketing secara online.

“Artinya, semua pengguna jasa penyeberangan sudah mulai terbiasa. Mekanismenya, mudik bisa terencana dengan baik,”kata dia.

Jamin Ketersediaan BBM Selama Mudik

Kemudian terkait ketersediaan Bahan Bakar Minyak (BBM) bagi pemudik, Erick memastikan dan menegaskan, bahwa ketersediaan kuota BBM bagi para pemudik tetap optimal. Tentunya, dengan memenuhi kebutuhan bahan bakar tersebut di sejumlah SPBU.

Termasuk memberikan inovasi layanan, seperti pengantaran bahan bakar langsung kepada para pemudik dengan sepeda motor hingga menyediakan SPBU portable disejumlah titik jalur lintasan pemudik.

“Ketersediaan BBM aman, karena jumlah kuotanya sudah kami komunikasikan dengan Bu Sri Mulyani juga Menteri ESDM dan itusudah disepakatiketersediaan kuotanya. Fasilitas yang disediakan Pertamina tetap optimal,”terangnya.

Dikatakannya, untuk di jalan tol, tetap harus diantisipasi karena jumlah kendaraan kenaikannya itu hampir 40 juta dan pasti ada kemacetan. Akan tetapi, jauh lebih terkendali dari pada tahun sebelumnya. (Hry/Red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.