Daerah  

Tingkatkan Hasil, Babinsa Bantu Petani Rawat Tanaman Singkong

Avatar photo

LAMPUNGTERKINI.ID – Guna mendongkrak perekonomian masyarakat agar memiliki Ketahanan Pangan yang kuat serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat di wilayah binaan dalam bidang pertanian sehingga terwujudnya program pemerintah dalam Ketahanan Pangan Nasional.

Babinsa Koramil 421-06/Natar, Serka Rian Novra Jaya membantu Petani binaan dalam aktifitas pemupukan dan merawat tanaman singkong dilahan seluas sekitar 2 Hektar di Kebun milik Bapak Burhanudin yang berlokasi di Dusun Jati Harjo Desa Gedung Gumanti Kecamatan Tegineneng Kabupaten Pesawaran, Sabtu (27/04/2024).

Babinsa Gedung Gumanti menjelaskan Singkong dikenal dengan sebutan ketela pohon atau ubi kayu yang termasuk tumbuhan umbi akar, umbi singkong merupakan sumber energi yang kaya karbohidrat namun sangat miskin akan protein. Sumber protein yang bagus justru terdapat pada daun singkong karena mengandung asam amino metionin.

“Selaku Babinsa di wilayah tersebut selalu berkoordinasi dan bekerja sama dengan PPL pertanian, cek dan datangi lokasi dan berikan solusi melalui penyuluhan langsung kepada para petani sesuai jenis yang ditanami petani agar tidak salah dalam mengolah, menanam dan merawatnya, kegiatan pendampingan terhadap petani merupakan upaya TNI membantu petani dalam mewujudkan swasembada pangan dan mendukung program pemerintah,” jelas Babinsa.

Serka Rian Novra Jaya menuturkan, kali ini dirinya membantu Bapak Burhanudin salah satu warga binaan yang sedang merawat tanaman miliknya, memberi pupuk dan membersihkan tanaman dari rumput liar yang tumbuh disela sela tanaman singkong dan dapat menggangu proses pertumbuhan tanaman singkong.

“Untuk mendapatkan hasil atau produksi maksimal kita harus diperhatikan dalam penyiapan lahan, pemilihan bibit yang baik, jarak tanam, penyiangan rumput hingga pemupukan tepat waktu,” tuturnya

Dilokasi kebun singkong Bapak Burhanudin menyampaikan, kehadiran Babinsa di tengah-tengah para petani merupakan bukti peran aktif TNI.

“TNI aktif dalam meningkatkan ketahanan pangan di daerah khususnya di wilayah teritorial Koramil 421-06/Natar,” tutupnya.

Penulis : Heri952

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *