Kecamatan Sidomulyo Dapat Kucuran Dana Rp.27.773.474.720,- Dari Pemkab Lamsel

by -936 Views
Musrenbang di Kecamatan Sidomulyo

LAMPUNG SELATAN – Plh Bupati Lampung Selatan, Thamrin,S.Sos, membuka secara langsung pelaksanaan Musrenbangcam secara Zoom Meeting yang di gelar Gedung Serba Guna (GSG) Betik Hati Kecamatan Sidomulyo, Selasa (23/2/21).

Pada tahun 2021, Kecamatan Sidomulyo mendapat kucuran anggaran pembangunan dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Selatan (Lamsel) sebesar Rp. 27.773.474.720,- yang meliputi DD dan ADD.

Anggaran sebesar itu masih diprioritaskan dibidang pembangunan infrastruktur pengembangan potensi wilayah dan peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM), pendidikan dan kesehatan.

Plh Bupati Lampung Selatan, Thamrin,S.Sos, menyampaikan, dengan adanya Musrembang Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) di Kecamatan Sidomulyo ini di harapkan dapat melakukan penajaman penyelarasan klarifikasi dan kesempatan usulan rencana kegiatan pembangunan desa yang di integrasi dengan dengan prioritas pembangunan daerah di wilayah Kecamatan.

“Sehingga terjadi sinkronisasi baik prioritas pembangunan Desa, Kecamatan, Kabupaten, Provinsi dan Pusat,”ujarnya.

Dalam penyusunan rencana tahun 2022 Pemkab Lamsel menerapkan penyusunan dokumen perencanaan berbasis e-planning melalui aplikasi Sistem Informasi Pemerintah Daerah (SIPD) yang di kembangkan oleh Kementrian Dalam Negeri sebagai mana di amanat kan dalam Permendagri no 86 tahun 2017.

Thamrin,S.Sos menambahkan, forum musrenbang RKPD tingkat kecamatan merupakan bagian dari proses penyusunan perencanaan pembangunan sebagaimana diamanatkan dalam UU No.25 tahun 2004, tentang sistem perencanaan pembangunan nasional.

Dalam rangka meningkatkan kemandirian daerah dirinya berharap agar kita dapat menggali dan meningkatkan sumber penerimaan daerah yang berasal dari penerimaan pajak bumi dan bangunan pedesaan dan perkotaan (PBB-P2) pada tahun 2020 yang lalu realisasi Kecamatan Sidomulyo baru mencapai 60,14%.

“Dengan di bantu kondisi sarana dan prasarana yang terus signifikan juga potensi potensi besar di bidang produksi pertanian peternakan Sidomulyo di harapkan dapat memanfaatkan kondisi ini untuk terus berkembang menjadi kawasan industri pengolahan,”kata dia.

Musrenbang RKPD tingkat kecamatan ini, hendaknya dapat dijadikan satu – satunya forum yang tertinggi dalam menjaring aspirasi masyarakat. Ia meminta di dalam forum ini dapat menghasilkan yang benar benar merupakan kumpulan kegiatan sehingga menjadi acuan Kabupaten Lampung Selatan tahun 2022 mendatang dalam penyusunan seluruh program. (Slamet Riyadi)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.