Peringati Hari Kontrasepsi Sedunia, IBI Cabang Sidomulyo Laksanakan KB dan Pap Smear gratis

by -177 views
KB dan Pap Smear gratis, foto : Slamet.

LAMPUNG SELATAN – Peringati Hari Kontrasepsi Sedunia yang puncaknya diperingati 26 September 2020 mendatang, Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan, melalui Dinas Pengendalian Penduduk (Daduk) bersama Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Cabang Sidomulyo, Melaksanakan KB dan Pap Smear gratis yang di prakarsai Yayasan Kanker Indonesia (YKI).

Dalam rangkaian bulan Kontrasepsi Sedunia, di mulai dari tanggal 9 September sampai dengan 19 September 2020 Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan, melaksanakan pelayanan KB Gratis selama 10 hari setiap Rabu dan Kamis untuk Pap Smear 1 hari 9 September 2020 secara gratis di Halaman Puskesmas Rawat Inap (PRI) Sidomulyo.

Kordinator Penyuluh (Korluh) Sidomulyo Agus tono mengatakan, Ikatan Bidan Sidomulyo (IBI) berkerja sama dengan Dinas Kesehatan serta jajarannya, dan Yayasan Kanker Indonesia (YKI) terus melakukan koordinasi dalam memberikan pelayanan terbaik untuk KB.

“Demi mewujudkan keluarga yang berkualitas serta meningkatkan kesejahteraan keluarga, kebijakan ini diambil untuk menunjang program Keluarga Berencana yang terus digalakkan,” Kata Agus, Rabu (9/9/2020).

Ia juga menyampaikan, pada pelayanan KB memberikan motivasi kepada masyarakat untuk tidak ragu dalam menggunakan alat kontrasepsi, supaya bisa mengatur jarak kehamilan dan jumlah anak.

“Untuk semua kami ucapkan terimakasih, karena pada saat suasana saat pandemi covid-19, kami melihat antusias masyarakat sangatlah banyak namun semuanya kita batasi dan dalam penerapan nya kita mengikuti arahan protokol kesehatan dengan melakukan jaga jarak,” ungkapnya.

Semuanya kita dapat melayani dengan baik, fasilitas kesehatan Kabupaten Lampung Selatan pun sangat baik, terutama saat pelayanan gratis pada tanggal 9 hingga 19 September 2020.

“Saya harap pelayanan ini bisa mengajak banyak ibu-ibu di Kecamatan Sidomulyo untuk ber-KB, Berencana itu keren, dua anak sehat,” tambah nya.

Untuk saat pelayanan sendiri meliputi pemasangan susuk (implan) 20 dan IUD (spiral) 6 Pasmer 28 yang di pasangkan tenaga medis kepada keluarga yang ingin melaksanakan KB.

“Sementara itu. Target yang ditetapkan di wilayah Lampung Selatan Khususnya Sidomulyo, dalam rangka peringati Hari Krontrasepsi Sedunia untuk IUD 48 ATi 48 Implan jumlah 96 apseptor target untuk Sidomulyo, jumlah belum keseluruhan karena ini masih terhitung sejak 18 agustus sampai 19 September,” pungkas nya.

(Slamet) 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.