PPKH Lamsel Geber Gerakan Pegang KKS Sendiri dan Dibukanya Kegiatan FDS/P2K2

by -173 views
Sosialisasi gerakan pegang KKS sendiri dan dibukanya FDS / P2K2, foto : As.

LAMPUNG SELATAN – PPKH Kabupaten Lampung Selatan terus gencarkan gerakan pegang Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) sendiri dan dibukanya kembali kegiatan FDS/P2K2, Tanjung Ratu, Kamis, 03 September 2020.

Sambut new normal Pelaksana Program Keluarga Harapan (PPKH) Lampung Selatan (Lamsel) terus sosialisasikan gerakan pegang KKS sendiri dan dibukanya kembali kegiatan Family Development Session (FDS) / Pertemuan Peningkatan Kemampuan Keluarga (P2K2), kegiatan yang sama juga sebelumnya sudah di lakukan di kecamatan merbau mataram dan kecamatan sidomulyo.

“Insya Allah kegiatan ini akan ini akan kita lakukan diseluruh kecamatan yang ada di lampung selatan, hal ini kami maksudkan agar tidak ada lagi Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Program Keluarga Harapan (PKH) yang menitipkan KKS ke orang lain, dengan KKS dipegang sendiri oleh KPM PKH maka ini bisa meminimalisir terjadi kehilangan KKS dan hilangnya uang KPM karena diambil oleh orang orang yang tidak bertanggung jawab. Sekaligus di era new normal pendamping diminta untuk memulai kembali kegiatan FDS/P2K2,’ jelas salasi Korkab PKH lampung Selatan 2.

Dalam kesempatan sosialisasi sekaligus rapat koordinasi kordinator PKH lampung Selatan 2 mengintruksikan kepada semua pendamping untuk bisa memastikan KKS dipegang oleh KPM PKH, dan memantau adanya KPM PKH yang menggadaikan KKS ke rentenir sebagaimana terindikasi terjadi di jawa barat.

“Saya tidak bosan bosan selalu mengingatkan kepada pendamping PKH di lapangan memastikan KKS dipegang oleh KPM PKH, dan memantau adanya KPM PKH yang menggadaikan KKS ke rentenir sekaligus mendukung target Kementrian Sosial (Kemensos) untuk menggraduasi 10 persen peserta PKH, dan ibu KPM PKH yang sudah sejahtera untuk mengundurkan diri, mari tingkatkan kemandirian dengan membuka usaha sendiri agar semakin sejahtera hidupnya,” ungkapnya.

Sementara itu Superviser P2K2 Asih Ambar wati mengingatkan terkait pola hidup di era new normal.

“Pertama kebersihan jadi yang utama, seperti yang sudah diketahui bersama, berbagai bakteri sampai virus seperti virus corona dapat menyebar luas dengan mudah karena terjadinya kontak fisik. Kontak fisik yang paling sederhana adalah berjabat tangan, oleh karena itu, kebersihan tangan mesti benar-benar dijaga. Bahkan mungkin kedepannya nanti, kita tidak akan bersalaman lagi untuk menghindari hal-hal tersebut. Kemudian, mencuci tangan menggunakan sabun atau minimal membersihkan tangan dengan hand-sanitizer jadi standar untuk memastikan tangan kamu bersih,” kata dia.

“Kedua tidak menyentuh wajah sembarang, selanjutnya adalah menghindari menyentuh wajah jika belum memastikan tangan sudah bersih atau belum. Area wajah seperti mata, hidung dan mulut bisa jadi pintu gerbang yang mudah ditembus oleh penyakit atau virus yang ada di tangan kamu. Oleh karena itu, pastikan pertama tangan kamu sudah bersih. Kalaupun memang sudah bersih, usahakan untuk tidak menyentuh wajah jika sedang berada di tempat umum karena kamu akan mudah lupa untuk menyentuh benda lainnya,” tambahnya.

“Ketiga tutupi Bersin bersin dengan lengan bagian dalam di waktu new normal nanti banyak hal yang akan berubah dengan cepat, terutama sektor kesehatan. Hal ini mencakup ketika ketika kamu bersin tidak ditutup dengan telapak tangan bagian dalam saja, tapi kamu mesti menutup wajah mu dengan menggunakan lengan bagian dalam.
Hal ini terkait dengan telapak tangan yang bisa saja sudah banyak menyentuh permukaan benda yang disinyalir tidak semuanya bersih. Oleh karena itu, pastikan kamu terbiasa menutup wajah ketika bersin menggunakan lengan bagian dalam,” ujarnya.

“Menggunakan masker sehat atau sakit, menggunakan masker akan jadi kebiasaan baru di periode new normal nanti. Hal ini terkait dengan anjuran berbagai pihak yang menyatakan penggunaan masker bisa mencegah paparan virus berbahaya seperti Covid-19 ini. Dan yang terahir senantiasa olah raga, berjemur dan jangan lupa minum vitamin,” Imbuhnya.

(As) 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.