Kecamatan Waysulan Bentuk Satgas Relawan Covid-19

by -306 views
Cegah Virus Corona, Kecamatan Waysulan bentuk satgas relawan Covid-19

LAMPUNG SELATAN – Upaya pencegahan penyebaran virus corona, seluruh elemen masyarakat Kecamatan Way Sulan, Kabupaten Lampung Selatan, bersatu membentuk satgas relawan Covid-19.

Satgas relawan covid-19 Kecamatan Way Sulan merupakan ujung tombak terdepan menghadapi kemungkinan terburuk dari virus corona.

Anggota DPRD Lampung Selatan, Dede Suhendar

Anggota DPRD Lampung Selatan, Dede Suhendar menjelaskan pembentukan satgas relawan covid-19 tertuang didalam Surat Edaran Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Nomor 8 Tentang Desa Tanggap Covid-19 dan Penegasan Padat Karya Tunai tertanggal 24 Maret 2020.

“Pembentuknya sudah tertuang dalam SE menteri pedesaan, “katanya, Kamis 26 Maret 2020.

Anggaran kegiatan relawan Satgas Covid-19 yang berada ditingkat kecamatan sampai dengan desa dapat menggunakan Dana Desa (DD).

“Masukan kedalam APBDes dengan kegiatan penanggulangan bencana,” ujar anggota Fraksi PKS itu.

Sedangkan Tugas Relawan Desa Lawan Covid-19 melakukan edukasi melalui sosialisasi yang tepat dengan menjelaskan perihal informasi terkait dengan COVID-19, baik gejala, cara penularan nya maupun langkah-langkah pencegahan nya.

Mendata penduduk rentan sakit, seperti orang tua, balita, serta orang yang memiliki penyakit menahun, penyakit kronis lainya. Mengidentifikasi fasilitas-fasilitas desa yang bisa dijadikan Sebagai ruang isolasi. Serta melakukan penyemprotan disinfektan dan menyediakan cairan pembersih tangan (hand sanitizer) di tempat umum seperti balai desa.

Menyediakan perlindungan, serta pencegahan penyebaran wabah penularan COVID-19, serta menyediakan informasi penting terkait dengan penanganan COVID-19.

Sementara Camar Way Sulan Munir mengatakan, “Kegiatan ini yang pertama kita membentuk satgas untuk mengantisipasi supaya tidak meluas wabah covid-19, baik di desa maupun di kecamatan kita membuat satgas relawan covid-19,” Kata dia.

Dengan adanya relawan, masyarakat yang baru pulang kerja karena takut dengan penyakit ini, satgas bisa secepatnya mengetahui informasi dan juga bisa mengisolasikan orang tersebut dengan isolasi mandiri.

“Tapi tetap dalam pengawasan kesehatan namun bisa di bantu dengan satgas kecamatan dan desa,” imbuhnya.

Namun pada intinya hasil dari musyawarah yang kita lakukan adalah penyemprotan disinfektan terlebih dahulu ke tempat fasilitas umum, tempat Ibadah, rumah penduduk, sekolah dan lainnya, supaya bisa memutuskan mata rantai penyebaran virus covid-19 ini.

“Mekanisme kerjanya nanti bisa pake dana talangan, namanya musibah ini tidak bisa kita pastikan dan mudah-mudahan kita bisa melewati wabah ini,” tambahnya.

Hadir dalam kegiatan tersebut para Kepala Desa se-kecamatan Way Sulan, Kapolsek Katibung IPTU Wido Dwi Arifiya Zaen, Kepala Puskesmas Alman, Perpajakan Suratono, Babinkantimas, Bhabinsa dan para pendamping desa Waysulan.

(Slamet)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.