Jalin Silaturahmi Warga, Iptu Wido Sambangi Pos Kamling dan Berikan Pesan Kamtibmas

by -182 views
Kapolsek Katibung Iptu Wido Dwi Arifiya Zaen bersama petugas Bhabinkamtibmas, menyambangi warga di Desa Rangai yang sedang melaksanakan ronda malam di Pos Kamling dengan memberikan pembinaan dan pesan-pesan Kamtibmas. (foto: Ist)

LAMPUNG SELATAN-Untuk mengantisipasi adanya gangguan Kamtibmas di Kecamatan Katibung, aparat kepolisian Polsek Katibung Polres Lampung Selatan, melakukan berbagai upaya guna mewujudkan Kamtibmas yang aman dan kondusif dengan melakukan giat rutin sambang warga dan Pos Kamling pada malam hari di beberapa Desa di Kecamatan Katibung, Sabtu (4/1/2020) malam.

Giat patroli sambang warga itu, Kapolsek Katibung Iptu Wido Dwi Arifiya Zaen didampingi petugas Bhabinkamtibmas, menyambangi warga langsung di Desa Babatan, Desa Tarahan dan Desa Rangai yang sedang melaksanakan ronda malam di Pos Kamling serta jaga Pos Kamling dilakukan secara bergiliran.

Dalam kesempatan itu, mantan Kanitdik 2 Satreskrim Polres Tulangbawang ini menemani warga yang melaksanakan ronda hingga larut malam dengan memberikan pembinaan dan pesan-pesan Kamtibmas berkaitan dengan keamanan desa, seperti berkeliling di lingkungan desanya pada jam-jam tertentu, Pos Kamling jangan sampai kosong dan aktifkan terus Pos Kamling demi keamanan desanya.

“Patroli malam dan sambang warga ini dilakukan, bertujuan untuk memberikan pelayanan perlindungan dan pengayoman kepada masyarakat serta mengantisipasi ganguan Kamtibmas di wilayah hukum Polsek Katibung,”kata Kapolsek Katibung, Iptu Wido Dwi Arifiya Zaen kepada lampungterkini.com, Minggu (5/1/2020).

Iptu Wido Dwi Arifiya Zaen mengatakan, kegiatan patroli dan sambang warga dengan mengunjungi pos-pos kamling ini dilakukan, yakni untuk mencegah terjadinya tindak kriminalitas serta menciptakan situasi aman dan kondusif sehingga masyarakat dapat melakukan aktifitas dengan aman dan nyaman. Selain itu juga, untuk menimbulkan kesadaran masyarakat peduli terhadap lingkungannya.

“Untuk mencegah dan mengantisipasi tindak kriminalitas di wilayah hukum Polsek Katibung, petugas aktif patroli dan menyambangi warga cek Pos Kamling seminggu tiga kali dengan memberikan himbauan Kamtibmas kepada warga sehingga diharapkan terciptanya situasi yang aman dan kondusif,”ungkapnya.

Selanjutnya, kata mantan Kapolsek Abung Timur, Lampung Utara ini, ia memberikan himbaun kepada petugas Pos Kamling untuk memperhatikan lingkungannya seperti rumah kosong yang sedang ditinggal pergi pemiliknya dan saling menjaga.

Himbaun lainnya, tingkatkan kewaspadaan terhadap orang dilihatnya mencurigakan, kalau diperlukan segera laporkan. Hal tersebut untuk mencegah tindak kriminalitas yang dapat mengancam keamanan dan keselamatan warga desa.

“Saya berpesan kepada warga agar selalu waspada dan siaga setiap melaksanakan ronda malam, jika ada hal-hal lain yang mencurigakan seperti adanya orang asing mencurigakan masuk dilingkungannya dan kejadian menonjol segera laporkan kepada petugas Polri-TNI,”terang alumnus Akpol 2013 ini.

Mantan Kapolsek Bangun Rejo, Polres Lampung Tengah ini menambahkan, selain menyambangi Pos Kamling di beberapa tempat di desa, patroli malam itu juga menyambangi objek vital lainnya dan lokasi-lokasi yang kerap dijadikan tempat nongkrong anak-anak muda dengan memberikan himbauan kepada mereka.

“Giat paroli ini juga dilakukan pada siang hari, dialogis untuk mencegah terjadinya tindak kriminalitas di siang hari di tempat-tempat yang dianggap rawan kriminalitas. Karena rasa aman ini milik kita bersama, dan rasa aman itu kita yang ciptakan bersama,”pungkasnya. (Z4i)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.