Berikut Penjelasan Ketua MKKS Lampung Selatan KBM di SMK

by -478 views
Ketua MKKS Lampung Selatan Drs. Harminto M.Si, sekaligus Kepala Sekolah SMKN 1 Kalianda

LAMPUNG SELATAN – Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) tingkat Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Se-Lampung Selatan untuk pertanggal 13 Juli 2020 masih dalam via Daring (dalam jaringan).

Kegiatan belajar mengajar tingkat Sekolah Menengah Kejuruan informasi nya masuk hari Senin tanggal 13 Juli 2020,di jelaskan oleh Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) Lampung Selatan Drs. Harminto M.Si, sekaligus Kepala Sekolah SMKN 1 Kalianda, bahwa kegiatan KBM tidak bisa bertatap muka, masih dalam via Daring.

“Kegiatan belajar mengajar untuk tingkat SMKN belum bisa untuk bertatap muka antara Guru dengan Siswa-Siswi (Murid), KBM untuk sekolah tingkat SMK masih melalui via Daring,”ujarnya, Sabtu 11 Juli 2020.

Di masa Pandemi Covid-19 menuju era new normal, kegiatan yang mengumpulkan orang banyak seperti kegiatan sekolah masih belum bisa di lakukan, mengingat wabah virus corona masih mengkhawatirkan.

“Daring bisa menggunakan aplikasi Google Classroom, WhatsApp, Zoom Meting, Weback dan aplikasi lain yang untuk mendukung proses belajar. Untuk Kabupaten Lampung Selatan sendiri berstatus kategori zona kuning, sedangkan untuk KBM tatap muka harus zona hijau,”ungkapnya.

Harminto mengatakan, idealnya walaupun KBM via Daring, harus ada tatap muka dengan siswa-siswi secara berkala untuk koordinasi dan evaluasi. Misalnya sebulan sekali dengan mengedepankan protokol kesehatan yang ketat agar KBM efektif.

Lebih lanjut ketua MKKS Lampung Selatan juga menerangkan. Untuk para dewan guru tetap ke sekolah tiap hari nya, ngisi absen dan kegiatan para dewan guru mengajar via Daring kepada siswa-siswi di pantau langsung oleh Kepala Sekolah SMKN 1 Kalianda.

“Guru tetap ke sekolah, isi absen dan Kepala Sekolah langsung yang memantau kegiatan guru berikan pelajaran kepada siswa-siswi dari sekolahan via Daring,”paparnya.

Kendati demikian lanjut Harminto. Tatap muka dengan para siswa-siswi ideal nya sebulan sekali, guna koordinasi serta evaluasi pelaksanaan kegiatan belajar via Daring dan kelemahannya.

“Evaluasi yang ideal nya sebulan sekali pertemuan kegiatan KBM, bertatap muka guru dengan siswa-siswi, yang tetap mengikuti protokol kesehatan yang ketat. Pertemuan tersebut guna berkoordinasi serta evaluasi antara guru dengan siswa-siswi terkait pembelajaran via daring, pelaksanaannya maupun kelemahannya,”pungkasnya.

Laboratorium Multimedia

SMKN 1 Kalianda Kabupaten Lampung Selatan Sekolah Rujukan Nasional menyediakan dan memfasilitasi bagi siswa-siswi nya yang terkendala dengan signal maupun yang tidak punya gadget/handphone.

“Untuk murid yang berkendala, tidak ada signal maupun yang tidak punya gadget. Sekolah sudah mempersiapkan ruangan laboratorium multimedia untuk di gunakan para murid. Jadi tidak ada hambatan, dalam proses belajar mengajar di Pandemi Covid-19 menuju new normal. Mudahan wabah virus ini cepet berlalu, agar kita bisa laksanakan KBM seperti biasa nya,”imbuhnya Ketua MKKS Lampung Selatan.

(Ayi) 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.