Komsos Babinsa Perkuat Kemanunggalan TNI, Tumbuhkan Kebersamaan Ketahanan Pangan 

LAMPUNGTERKINI.ID – Kepedulian dan keakraban para Babinsa Koramil 421-06/Natar, Kodim 0421/Lamsel dengan masyarakat yang dalam kesehariannya terus saling berinteraksi melalui kegiatan Komunikasi Sosial (Komsos) di wilayah, sehingga timbul rasa kepercayaan dan empati Masyarakat kepada para Babinsa di wilayah Binaan.

Hal ini dibuktikan dengan kehadiran Babinsa Koramil 421-06/Natar, Sertu Heri Indarto bersama warga berada di tengah tengah masyarakat binaan yang sedang bergotong-royong membangun badan jalan sepanjang 400 M di Dusun Kaliasin III Desa Kalisari Kecamatan Natar Kabupaten Lampung Selatan.

Sementara, Koptu Eviyanto dalam rangka mewujudkan ketahanan pangan melaksanakan pendampingan membantu petani binaan panen padi milik Siswanto dengan luas lahan 1/4 Hektar, Jenis Varietes padi Ciherang petani di Dusun Titipasan Desa Bumi Agung Kecamatan Tegineneng Kabupaten Pesawaran.

Babinsa Desa Kalisari Sertu Heri Indarto mengatakan bahwa, pelaksanaan gotong royong bersama masyarakat ini merupakan salah satu wujud nyata dan peran aktif serta sumbangsih TNI khususnya aparat kewilayahan kepada rakyat di daerah, sehingga kemanunggalan TNI-Rakyat tetap terjaga.

“Tugas pokok TNI salah satunya adalah membantu Pemerintah Daerah, diantaranya membantu percepatan pembangunan desa seperti ini. Kita selaku Babinsa adalah ujung tombak satuan kewilayahan akan selalu mendukung program pemerintah di segala bidang seperti pertanian, pembangunan, kesehatan dan masih banyak lagi,” ujarnya, Minggu (5/5/24).

Ditempat berbeda, Koptu Eviyanto mengatakan dalam rangka mewujudkan ketahanan pangan kegiatan pendampingan ini merupakan salah satu wujud nyata di lapangan untuk memberi semangat dan motivasi kepada petani dalam mendukung dan menyukseskan program swasembada pangan Nasional khususnya di Desa Bumi Agung dan Kecamatan Tegineneng umumnya.

“Kegiatan ini juga untuk mempererat kedekatan serta Kemanunggalan TNI khususnya Babinsa dengan warga binaannya, mendorong dan memotivasi warga binaan dalam meningkatkan taraf hidup masyarakat, mengingat mayoritas masyarakat di pedesaan sektor pertanian dijadikan salah satu profesi andalan oleh karena itu ini berkaitan dengan pertumbuhan ekonomi,” jelasnya.

Lebih lanjut, dalam rilis keterangannya, Danramil 421-06/Natar Kapten CKE Agus Masgusriyanto, mengapresiasi tindakan dan peran aktif Babinsa di wilayah untuk selalu peduli dengan warga binaannya bahwa kegiatan gotong royong adalah ciri khas masyarakat Indonesia, dengan gotong royong semua kegiatan yang berat bisa menjadi mudah, kita patut bersyukur karena di wilayah pedesaan khususnya wilayah Kecamatan Natar masih banyak kita jumpai kegiatan gotong royong,

“Sehingga pekerjaan yang sifatnya membangun sarana dan prasarana umum dapat diselesaikan dengan cepat,” tuturnya.

Danramil juga menambahkan dalam rangka mewujudkan ketahanan pangan diharapkan bantuan serta kepedulian Babinsa mampu membantu pemerintah dalam menciptakan swasembada pangan diwilayah binaan.

“TNI melalui Babinsa ditingkat Desa terus memberikan dukungan serta semangat kepada petani,” kata Danramil Natar.

Penulis : Heri952

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *