Wakil Ketua I DPRD Lamsel Hadiri Upacara HUT Provinsi Lampung ke-60

Avatar photo

Bertempat dilapangan Korpri Pemkab Lampung Selatan, upacara HUT Provinsi Lampung, selain Bupati Lamsel H. Nanang Ermamto juga dihadiri Forkopimda, jajaran Kepala OPD, Bagian serta pegawai dilingkungan Pemkab Lamsel, Selasa (19/3/2024).

Wakil Ketua I DPRD Lamsel Agus Sartono, A.Md bertugas membecakan sejarah singkat terbentuknya Provinsi Lampung yang diketahui saat ini memiliki 15 Kabupaten / Kota di Provinsi Lampung.

Menurut Agus Sartono, dengan ditetapkannya Peraturan Pemerintah Nomor 31964 yang kemudian menjadi Undang-undang Nomor 14 tahun 1964.

Sebelum itu Provinsi Lampung merupakan Karesidenan yang tergabung dengan Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) yang memiliki 4 Kabupaten dan 1 Kotamadya.

“Empat Kabupaten termasuk Lampung Selatan yakni Lampung Barat, Lampung Utara dan Lampung Timur serta Kotamadya Bandar Lampung,” kata Agus Sartono dihadapan peserta apel upacara peringatan HUT Provinsi Lampung ke-60 tahun.

Politisi Partai Amanat Nasional ini Dapil 2 Sidomulyo, Way Panji dan Palas ini menambahkan, atas dasar ini penetapan Hut Provinsi Lampung lahir pada tanggal 18 Maret 1964 Kendati Provinsi Lampung sebelum tanggal 18 maret 1964 tersebut secara administratif masih merupakan bagian dari Provinsi Sumatera Selatan.

“Namun daerah ini jauh sebelum Indonesia merdeka memang telah menunjukkan potensi yang sangat besar serta corak warna kebudayaan tersendiri yang dapat menambah khasanah adat budaya di Nusantara yang tercinta ini,” jelas Agus Sartono.

Sementara itu, dilain sisi momentum upacara HUT Provinsi Lampung ke-60 tahun, Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan memastikan tenaga harian lepas sukarela (THLS) atau tenaga honorer mendapat tunjangan hari raya (THR) untuk lebaran tahun 2024 ini.

Kabar gembira itu disampaikan Bupati Lampung Selatan H. Nanang Ermanto bertepatan dengan momen upacara peringatan hari ulang tahun (HUT) ke-60 Provinsi Lampung tahun 2024 di Lapangan Korpri, komplek Pemkab setempat, Selasa (19/3/2024).

Untuk diketahui, dalam upacara peringatan HUT Provinsi Lampung ke-60 tahun, oleh Pemkab Lampung Selatan digelar dilingkungan kerja Kecamatan dan Sekolah yang ada di Kabupaten Lampung Selatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *