Bentuk Karakter Generasi Muda, Babinsa Koramil 421-06/Natar Latih Santri PBB

by -2258 Views
Serma Ake Indrawantoro berikan pelatihan PBB dasar kepada ratusan Santri dan Santriwati Ponpes Tahfiz Bersahnad Asha'bul Qur'an, foto: Heri Indarto

LAMPUNGSELATAN – Wujud kepedulian TNI AD untuk menanamkan kedisiplinan, mental, karakter dan menumbuhkan semangat generasi muda, Babinsa Koramil 421-06/Natar, Kodim 0421/Lamsel, Serma Ake Indrawantoro memberikan pelatihan Peraturan Baris Berbaris (PBB) dasar kepada ratusan Santri dan Santriwati Pondok Pesantren (Ponpes) Tahfiz Bersahnad Asha’bul Qur’an Dusun Srirejo Desa Branti Raya Kecamatan Natar, dilapangan Ponpes setempat.

Kegiatan yang bertajuk “Basic Leadership Camp Tahfiz Bersahnad Asha’bul Qur’an” dilaksanakan sebagai wujud kepedulian terhadap genarasi penerus Bangsa dalam upaya pembentukan mental, karakter, kedisiplinan.

Pada kesempatan itu, Serma Ake Indrawantoro, mengungkapkan bahwa kegiatan dilakukan untuk meningkatkan kemampuan, menanamkan kedisiplinan, mental dan karakter para Santri, yang mana para pelajar ini merupakan generasi muda penerus bangsa sehingga kedisiplinan, mental dan karakter yang tangguh ini harus dimiliki sejak dini.

“Materi yang diberikan dalam kegiatan ini yang diantaranya adalah gerakan dasar ditempat seperti sikap sempurna, sikap istirahat ditempat, penghormatan, lencang kanan, lencang depan, hadap kanan dan hadap kiri, jalan ditempat serta gerakan PBB berjalan, pertama, kami memberikan contoh gerakan agar bisa dilihat dan diikuti para Santri, yang kemudian, kita tinggal menilai gerakan PBB mereka,” kata Serma Ake Indrawantoro, Minggu (17/3/2024).

Lanjutnya, pelatihan PBB diberikan dengan tujuan menumbuhkan sikap jasmani yang tegap, tangkas dan rasa persatuan, harapanya, mereka para Santri dan Santriwati ini dapat mengutamakan kepentingan bersama daripada kepentingan individu, serta secara tak langsung juga menanamkan rasa tanggungjawab.

“Selain untuk melatih kedisiplinan, mental dan karakter, pelatihan PBB ini juga bisa meningkatkan solidaritas, kebersamaan serta kekompakan. Harapanya, para Santri dan Santriwati bisa mengaplikasikan pelatihan yang sudah didapatkan dalam kehidupan sehari-hari,” pungkasnya.

Danramil 421-06/Natar, Kapten Chb Agus Masgusriyanto dalam rilisnya mengatakan, bahwa kegiatan ini bertujuan untuk membentuk karakter dari para santri pondok pesantren.

“Dengan diadakannya pelatihan ini diharapkan bisa membentuk kedisiplinan baik itu cara berpakaian, bersikap serta bertingkah laku dalam kehidupan sehari-hari,” ujarnya.

Ditambahkannya, saat pemberian teori mereka memperhatikan dengan seksama apa yang dijelaskan oleh Babinsa dan juga pada saat praktek mereka pun terlihat penuh bersemangat mengikuti gerakan demi gerakan yang dilatihkan.

“Ini merupakan salah satu program Binter yang dilaksanakan oleh Koramil 421-06/Natar guna melatih disiplin dan cinta tanah air, kepada generasi muda dalam hal ini para santri, selain PBB santri juga di berikan materi 4 pilar Kebangsaan dan Bela Negara,” kata Danramil.

Dilokasi pelatihan, Ustad Jarsono selaku guru pembimbing mengucapkan terimakasih sebesar besarnya kepada koramil 421-06/Natar.

“Terimakasih kepada Babinsa yang sudah melatih santri-santri kami sehingga kelak menjadi santri yang bisa membanggakan keluarga, Negara dan Agama,” tuturnya.

(Heri952)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.