Warga Umbul Tempe Dikejutkan Tanah Longsor

by -1051 Views

LAMPUNGTERKINI.ID – Warga Umbul Tempe Kelurahan Way Urang Kecamatan Kalianda Lampung Selatan dikejutkan dengan adanya tanah longsor di bibir sungai (kali) dekat pemakaman warga, Senin (25/12/2023).

Masyarakat ramai datang untuk melihat tanah longsor di sungai atau siring besar yang berada di belakang rumah warga umbul tempe, sekira pukul 11: 45 WIB.

Perkiraan tanah longsor tersebut akibat gerusan air hujan beberapa minggu yang lalu yang membuat sungai tersebut bertambah dalam dengan diameter ketinggian 7 meter dari dataran atas sampai dataran air sungai dibelakang rumah warga.

Temenggung Sofiyan selaku kepala lingkungan 01 kelurahan wayurang menjelaskan, dirinya mendapatkan laporan dari warga bahwa telah terjadi tanah longsor di belakang rumah salah satu warga di umbul tempe.

“Setelah saya datang kelokasi tanah longsor yang berada di sekitaran wilayah RT 02, 03 dan 04 saya sangat perihatin atas musibah ini, tapi alhamdulillah tidak ada korban atas musibah tersebut, saya menghimbau pada warga yang rumahnya dipinggir kali atau sungai untuk berhati hati apalagi di saat musim hujan nanti jangan sampai lengah dan saya berharap pada pemerintah agar dapat bertidak cepat untuk mengatasi hal tersebut, supaya tidak ada korban jiwa atau longsor susulan, saya selaku kepala lingkungan serta masyarakat sanggat berterima kasih kepada Kepala Dinas Damkar Lampung Selatan serta tim nya, Munadi selaku KUPT PU Kecamatan Kalianda dan juga Kasi Trantib Kelurahan Way Urang yang sudah datang kelokasi tanah longsor setelah mendapat kabar dari kami,” terangnya.

Dilokasi, Sefri Masdian selaku Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Lampung Selatan menghimbau kepada masyarakat yang rumah nya berada di pinggir sungai untuk berhati hati dan selalu waspada, khawatir ada longsor susulan, supaya jangan sampai ada korban.

“Saya akan sampaikan kepada dinas dinas terkait agar ada tindak lanjutnya dan menghimbau pada warga yang rumahnya dipinggir sungai untuk tidak membuang sampah sembarangan apalagi disungai seperti ini,” ujarnya.

(TM)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.