Tingkatkan Mutu dan Martabat Wartawan, PWI Lampung Gelar Diklat Jurnalistik

by -1669 Views
PWI Provinsi Lampung gelar Diklat Jurnalistik

BANDARLAMPUNG – Meningkatkan mutu dan martabat Wartawan serta Orentasi Kewartawanan dan Keorganisasian (OKK) Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Lampung melaksanakan kegiatan Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) angkatan II Jurnalistik Wartawan Muda tahun 2023 dengan mengusung tema “Wartawan kuat, Demokrasi bermatabat”.

Diklat berlangsung di Balai Wartawan H. Solfian akhmad jl A yani No 4/7 Bandar Lampung, Diklat diikuti 125 peserta calon wartawan muda PWI dari perwakilan 15 kabupaten/kota yang berada Provinsi Lampung, Kamis (30/11/2023).

Hadir dalam acara Diklat Jurnalistik, Ketua PWI Provinsi Lampung Wirahadikusumah, Ketua IKWI pusat Andi Dasmawati, Gubernur Lampung, Arinal Junaidi, Kombes Pol (Purn) Hendry Yulius Pardomuan, Kabid BNNP Provinsi Lampung Komjen Pol (Purn) Heru Winarko Granat pusat via zoom, para ketua PWI Kabupaten dan kota Provinsi Lampung.

Ketua PWI Provinsi Lampung, Wirahadikusumah mengucapkan permohonan maaf karena Ketua umum PWI pusat, Hendry Ch Bangun belum bisa hadir karena mendadak ada kegiatan di Jakarta, suatu waktu Ketua PWI pusat akan datang ke Lampung.

“Ketua umum PWI pusat sebenarnya sudah hadir namun ada telpon dari Jakarta hingga beliau kembali ke jakarta. Kedatangan pasangan calon Presiden di kantor PWI pusat pada hari ini, untuk itu beliau langsung balik ke jakarta ,namun ketua IKWI pusat masih disini,” ujarnya.

PWI adalah organisasi tertua dan terbesar di Indonesia, kata dia, jumlah anggota PWI Lampung saat ini mencapai 1001 anggota yang terdiri 626 anggota biasa, 250 anggota muda dan 125 calon anggota yang sedang melakukan diklat.

“Saya berharap peserta diklat mendapatkan ilmu dalam Diklat dan bisa menjadi lebih baik,” pungkasnya.

Gubernur Lampung, Arinal Djunaidi berharap kepada para wartawan agar Profesional dan Objektif dalam pemberitaan apalagi menyambut masa tahun politik.

“Harus Profesional dan objektif dalam pemberitaan,” tukasnya.

Acara Diklat Jurnalistik di isi dengan sosialisasi bahayanya narkoba dan penandatangan MoU PWI Lampung – BNN Lampung – Granat Lampung, untuk mencegah bahaya narkoba.

Rangkaian acara diklat Jurnalistik II :

1. Pemateri UU pers.kode etik, perilaku Wartawan oleh dr. H. Iskandar Zulkarnain.MH. (Ketua bidang kehormatan PWI Lampung)

2. Pemateri menulis berita oleh Drs. Amirudin Sormin (Wakabid media siber PWI Lampung)

3. Pemateri foto jurnalistik oleh s
Syahroni Yusuf (Seksi kerjasama PWI)

4. Pemateri peraturan dasar dan peraturan rumah tangga PWI oleh H. Nizwar, SE (Anggota komisi Kopetensi Wartawan PWI pusat)

5. Pemateri sejarah PWI oleh Munizar (Wakabid Pendidikan PWI Lampung).

PWI Lampung Selatan mengirimkan 11 anggota muda ke Diklat Jurnalistik yakni :

1. NAMA : Agus Setiyawan
Media : Lampungterkini.id

2. Nama ; Dendi Hidayat
Media : Infoberita.id

3. Nama : Yogi Novan Abitama
Media : iNewsLamsel.id

4. Nama : Yogi Darliansyah
Media : Royalnews17.com

5. Nama : Sazuli. SE
Media : Harian Berita lampung

6. Nama : Hermansyah
Media : Rajabasanews.com

7. Nama : Ahmad Dini Eka Saputra
Media : jangkarnusantara.com

8. Nama: Teguh Handika, S. Sos
Media : kupas Tuntas

9. Nama : khairul hasyim
Media : Lampung.sumselnews.Co.id

10. Nama : Diki Darmawan
Media : Harian Lampung media

11. Nama : Arifin Miser
Media : T-Linku.id

Acara diklat ditutup dengan penyerahan sertifikat Diklat secara simbolis oleh Ketua PWI Provinsi Lampung, Wirahadikusumah pukul 17:30 WIB. (Gus)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.