Daerah  

Nanang Ermanto Lantik Empat Kades Terpilih Gelombang II di Kecamatan Sidomulyo

Avatar photo
Bupati Lampung Selatan, Nanang Ermanto melantik empat Kepala Desa (Kades) terpilih Kecamatan Sidomulyo hasil Pemilhan kepala desa (Pilkades) serentak gelombang II tahun 2023, Senin (18/9/2023).

LAMPUNGSELATAN–Bupati Lampung Selatan, Nanang Ermanto resmi melantik empat Kepala Desa (Kades) terpilih hasil Pemilhan kepala desa (Pilkades) serentak gelombang II tahun 2023 di Kecamatan Sidomulyo. Pelantikan tersebut berlangsung di Lapangan Desa Sukamaju, Kecamatan Sidomulyo, Lampung Selatan, Senin (18/9/2023).

Adapun empat Kades terpilih yang dilantik tersebut, yakni Haroni (petahana) Kades Sidowaluyo, Aan Kurniawan (petahana) Kades Budidaya, Rusli (petahana) Kades Siringjaha dan Junaidi Kades Sukamaju.

Dalam acara pelantikan dan serah terima jabatan (Sertijab) dari Pj Kades kepada Kades terpilih, turut dilakukan pelantikan Ketua Tim Penggerak PKK dari ke-empat desa tersebut.

Turut hadir dalam acara tersebut, Ketua TP PKK Lampung Selatan Winarni Nanang Ermanto, Sekdakab Thamrin, S.Sos., M.M, Ketua DWP Lampung Selatan Yani Thamrin, beberapa anggota DPRD Lampung Selatan, Forkopimda Lampung Selatan, Kepala OPD Lampung Selatan, Camat Sidomulyo, Forkopimcam Sidomulyo, Ketua BAMUSI Lampung Selatan, tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh adat serta tamu undangan lainnya.

Dalam kesempatan itu Bupati Lampung Selatan, Nanang Ermanto menyampaikan ucapan selamat kepada Kades terpilih yakni Kades Sidowaluyo, Kades Sukamaju, Kades Budidaya dan Kades Siringjaha yang baru saja resmi dilantik beserta Ketua TP PKK Desa.

Ia juga menyampaikan, ucapan terima kasih kepada Pj Kades serta para pejabat desa yang telah mensukseskan Pilkades serentak gelombang II 2023 di Kecamatan Sidomulyo belum lama ini.

“Hari ini saya melantik empat Kades terpilih di Kecamatan Sidomulyo, sekaligus menyaksikan pelantikan Ketua TP PKK Desa. Saya berharap, ada semangat baru untuk membangun desa,”kata Nanang, Senin (18/9/2023).

Nanang juga berpesan, Kades yang baru dilantik agar dapat merangkul semua komponen masyarakat di desanya untuk dapat bersatu kembali membangun desa dengan penuh kebersamaan gotong-royong, lupakan segala perbedaan saat masa Pilkades serta menciptakan suasana aman, nyaman dan kondusif.

Semua masyarakat yang ada di desa adalah anak-anak dari Pak Kades semua, janganlah dibeda-bedakan meski tadinya berbeda pandangan atau pilihan. Rangkul semua elemen masyarakat untuk bersama-sama membangun desa.

“Beda pendapat dan pilihan saat masa Pilkades, itu hal biasa dalam kontestasi politik. Tapi yang harus tetap dijaga, kondusifitas dan Kamtibmas. Sekarang sudah dilantik, hilangkan semua rasa kebencian. Desa ini hanya berkembang, jika kita semua bersatu padu,”ujar orang nomor satu di Lampung Selatan ini.

Kades yang sudah dilantik, kata Nanang, agar dalam menjalankan kepemimpinannya seorang Kades dituntut untuk lebih visioner, kreatif dan inovatif. Menurutnya, di era digitalisasi sekarang ini, dimana segalai nformasi pembangunan dan pengetahuan mudah diakses dan terserap oleh masyarakat desa.

“Masyarakat desa sekarang ini sudah semakin cerdas dan kritis, sehingga Kepala Desa harus dapat mengimplementasikan seluruh programnya secara riil kepada masyarakat,”ungkapnya.

Dikatakannya, ada beberapa program-program Pemerintah Daerah yang harus diterapkan di desa, seperti Program Bedah Rumah atau Swasembada Rumahku, Swasembada Sekolah. Beberapa program ini, harus mendapatkan dukungan dari seluruh elemen masyarakat termasuk Kepala Desa pun turut bertanggungjawab mensukseskannya.

“Bekerjalah sesuai dengan kapasitas dan tupoksinya sebagai Kades. Tingkatkan kemampuan manajerial, pahami tata kelola Pemerintahan Desa, keuangan, aset desa dan termasuk penggunaan Dana Desa (DD) yang nilainya tidak kecil. Jangan sampai salah penggunaannya, sehingga saudara-saudara (Kades) harus berurusan dengan hukum,”jelasnya.

Nanang juga mengingatkan kepada Ketua TP PKK Desa yang baru saja dikukuhkan, agar bisa membantu tugas-tugas suaminya sebagai Kepala Desa atau pemerintahan di desa. Kesuksesan Kades, tentu ada sosok wanita yang turut membantu mendampinginya. Oleh karena itu, tingkatkan pembinaan terhadap desa khususnya PKK.

“Mari sama-sama kita bangun Kabupaten Lampung Selatan ini supaya lebih baik dan maju lagi. Jalankan amanah dengan baik, koordinasi selalu dengan Kecamatan serta pihak keamanan TNI-Polri. Selamat bekerja menjalankan tugasnya sebagai Kades, semoga amanah,”pungkasnya. (Ndi/Red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *