Selamat HUT RI ke-78 : Jangan Lupa Sejarah

by -1634 Views
Pengibaran bendera sang saka Merah Putih, foto : Agung Jalu

LAMPUNG SELATAN–Republik Indonesia tanah yang kaya budaya dan sejarah, indonesia memiliki kisah persiapan kemerdekaan sangat Luar biasa yang tidak terlupakan.

Moment yang Ikonik adalah saat pengibaran bendera sang saka Merah Putih pertama kali, saat Proklamasi Indonesia digaungkan pada Tanggal 17 Agustus 1945.

Upacara Hari Ulang Tahun ( HUT) ke-78 kemerdekaan Republik Indonesia (RI) di Dusun Labuhan Desa Suak Kecamatan Sidomulyo Kabupaten Lampung Selatan sangat hikmat.

Tanggal 17 Agustus 2023 Pukul 10.17 sampai dengan 10.20 WIB (Selama 3 Menit ) segenap masyarakat Indonesia atau Desa suak khususnya menghentikan semua aktivitas sejenak dan berdiri tegap saat pengumandangan lagu Indonesia Raya secara serentak.

Dalam memeriahkan HUT RI ke-78 ini warga dusun labuhan dari Anak sekolah dasar hingga para lansia berbondong-bodong menuju lapangan Desa Suak untuk mengikuti serangkaian acara sakral menaikan bendera sang saka merah putih kebanggaan bangsa kita.

Susunan pelaksana Upacara Hari ulang Tahun Republik Indonesia ke-78 di Dusun Labuhan Desa suak yakni :
Pembina upacara, Rio Aditia
Pemimpin upacara, Isnan
Pembawa bendera, Shela
Penarik bendera, Nabil dan Nining
Pembaca undang-undang, Ersa
Pembaca teks proklamasi, Rico
Ketua umum pelaksana, Rizki.

Kepala Dusun labuhan, Rio Aditia mengatakan semangat muda mudi dan para warga untuk mengadakan setiap tahunnya mendorong semangat gotong-royong.

“Jangan lupa sejarah dan jangan lupa adat istiadat yang sudah ada dan selalu giat berkolaborasi dan kita juga harus selalu mendukung pendidikan, kesehatan untuk memajukan dusun labuhan agar lebih baik kedepannya,” ujarnya, Kamis (17/8/23).

(Agung Jalu)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.