Pilkades Sidowaluyo, Petahana Haroni Menang Telak Lawan Istrinya Sendiri

by -1810 Views
Cakades Sidowaluyo, Kecamatan Sidomulyo, Haroni dan Lie Anie yang taklain adalah istrinya sebagai rival atau lawan di Pilkades setentak gelombang II 2023 Kabupaten Lampung Selatan, Kamis (31/8/2023)

LAMPUNGSELATAN—Haroni, Calon kepala desa (Cakades) Desa Sidowaluyo, Kecamatan Sidomulyo, unggul telak dalam kontestasi Pilkades serentak gelombang II 2023 di Kabupaten Lampung Selatan, Kamis (31/8/2023). Calon petahana (incumbent) ini, meraih 2.141 suara melawan saingannya yang taklain adalah istrinya sendiri, Lie Anie memeperoleh 223 suara.

Lie Anie, Cakdes Sidowaluyo yang mendapat nomor undian pencalonan nomor 2, terpaksa maju dalam kontestasi Pilkades karena  tidak ada calon lain selain suaminya (Haroni) yang kembali maju sebagai Cakades Sidowaluyo.

Pantauan lampungterkini.id di lokasi, Cakades petahana Haroni mengenakan kemeja putih dipadu celana warna hitam dan kopiah (peci) hitam duduk dikursi berdampingan dengan istrinya Lie Anie yang menjadi rival dalam kontestasi Pilkades di Kantor Desa sebagai Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Warga Desa Sidowaluyo, Kecamatan Sidomulyo, Lampung Selatan antusias mendatangi Kantor Desa setempat yang dijadikan sebagai TPS saat pencoblosan Pilkades, Kamis (31/8/2023).

Pada TPS ini, terdapat 4.476 mata pilih dari 9 Dusun/RW yang terdaftar dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pilkades Sidowaluyo. Masyarakat antusias mendatangi TPS, mereka menyalurkan hak pilihya pada kontestasi Pilkades tersebut.

Proses pencoblosan, dimulai Kamis pagi pukul 07.00 WIB hingga siang pukul 13.00 WIB dan barulah dilakukan penghitungan.

Baru berjalan sekitar 15 menit dilakukan penghitungan, Cakades petahan nomor 1, Haroni sudah “Ngacir” dengan meraih 350 suara. Sementara rivalnya nomor 2, Lie Anie yang taklain adalah istrinya sendiri baru memperoleh 75 suara.

Berdasarkan data hasil akhir rekapitulasi Pilkades Sidowaluyo 2023 sekitar pukul 15.35 WIB, dari total suara 4.476 dan pemilih yang hadir 2.399 suara, pemilih tidak hadir atau sisa surat suara 2.007 dan surat suara rusak nihil (kosong).

Cakades Haroni yang mendapat nomor undian pencalonan dengan nomor 1 memperoleh 2.141 suara, sementara rivalnya Lie Anie memperoleh 223 suara pada Pilkades Sidowaluyo tersebut.

Warga Desa Sidowaluyo usai menyalurkan hak pilihnya di Kantor Desa setempat yang dijadikan sebagai TPS saat pencoblosan Pilkades, Kamis (31/8/2023).

Haroni sangat berterima kasih atas bantuan serta dukungan seluruh masyarakat Desa Sidowaluyo yang telah membantu selama proses pelaksanaan Pilkades hingga mensukseskan pesta demokrasi Pilkades hingga usai serta memberikan kepercayaan terhadap dirinya untuk mengemban amanah jabatan sebagai Cakades Sidowaluyo terpilih untuk kedua kalinya.

“Matur nuwon, matur nuwon sanget (terima kasih, terima kasih sekali) untuk semua warga Desa Sidowaluyo. Kemenangan ini, bukanlah milik saya sendiri tapi kemenangan kita semua warga Desa Sidowaluyo,”kata Haroni saat ditemui dikediamannya, Kamis (31/8/2023) sore.

Kedepannya, kata mantan atlet yang pernah memperkuat tim sepak bola Persilas Lampung Selatan ini, lebih bersatu lagi untuk kemajuan Desa Sidowaluyo, memperbaiki kinerja untuk lebih baik lagi, bermanfaat, berbuat kemaslahatan untuk masyarakat dan membangun desa dengan semangat gotong royong penuh kebersamaan.

“Alhamdulillah, pelaksanaan Pilkades Sidowaluyo berjalan lancar, aman dan kondusif sesuai harapan kita semua,”ucapnya.

Haroni mengatakan, sejak dibukanya proses pendaftaran sebagai Calon kepala desa (Cakades) Sidowaluyo hingga mendekati batas akhir pendaftaran yang telah ditentukan Panitia Pilkades, tidak ada calon lain selain dirinya yang maju dan mendaftar di Pilkades di Desa Sidowaluyo.

Karena ada aturan tidak diperbolehkan Cakades tunggal atau melawan kotak kosong, maka istrinya Lie Anie yang dimajukan sebagai rivalnya di kontestasi Pilkades Sidowaluyo tersebut.

“Istri saya didaftarkan pada pencalonan Pilkades Sidowaluyo 2023 ini, karena tidak ada calon lain yang mendaftar,”ungkapnya.

Selain itu, untuk melengkapi administrasi atau menghindari calon tunggal sesuai dengan peraturan yang sudah ditentukan atau ditetapkan. Sebagai syarat administrasi, dan aturan Perbup-nya juga tidak boleh lawan kotak kosong, maka istrinya yang maju sebagai Cakades.

“Saya ada lawan maju di Pilkades ini, dengan istri saya sebagai pendamping lawan atau rival saya dalam Pilkades ini,”ujarnya.

Diakuinya, baru kali pertama di Desa Sidowaluyo kontestasi Pilkades tidak ada calon lain melainkan Pasutri yang maju sebagai Cakades.

“Baru ini dan pertama kali terjadi Pasutri (saya dan istri) maju Pilkades Sidowaluyo. Ya mungkin saja, hanya kami (Pasutri) sendiri yang maju Pilkades serentak gelombang II di Lampung Selatan,”pungkasnya.

Panitia Pilkades menunjukkan data hasil akhir rekapitulasi Pilkades Sidowaluyo. Cakades petahana Haroni memperoleh 2.141 suara, sementara rivalnya Lie Anie memperoleh 223 suara, Kamis (31/8/2023).

Sementara Ketua Panitia Pilkades Desa Sidowaluyo, Asep Hermawan mengatakan, mengenai teknis pencoblosan dan penghitungannya, dipusatkan di Kantor Desa Sidowaluyo yang dijadikan sebagai TPS dengan disaksikan oleh saksi dari kedua Cakades. Pengamanan di TPS dari unsur Polri, TNI, Sat Pol PP, Linmas serta pengawasan dari aparatur Kecamatan.

“Untuk proses penghitugannya, setelah selesai waktu pencoblosan yang sudah ditentukan oleh panitia yakni pukul 13.00 WIB. Setelah itu, panitia penyelenggara melakukan penghitungan suara,”kata Asep kepada lampungterkini.id.

Asep menegaskan, hasil rekapitulasi dari penghitungan surat suara dan pemenang dalam Pilkades ini, langsung diumumkan saat ini juga. Dari hasil rekapitulasi penghitungan, Haroni Cakades nomor 1 meraih 2.141 suara. Sementara Cakades nomor 2, Lie Anie mendapat 223 suara, suara tidak sah 35 suara dan surat suara rusak nihil (kosong).

“Hasil perolehan suara Pilkades Sidowaluyo 2023 kali ini, dimenangkan Haroni Cakades nomor 1. Hasilnya ini, nantinya akan langsung disetorkan ke Panitia Kecamatan Sidomulyo,”jelasnya.

Haroni (kopiah), Cakades pemenang Pilkades 2023 Desa Sidowaluyo, Kecamatan Sidomulyo, Lampung Selatan bersama warga di rumahnya, Kamis (31/8/2023).

Diketahui, Pilkades serentak gelombang II 2023 Kabupaten Lampung Selatan khususnya di Kecamatan Sidomulyo ada empat desa yang melaksanakan kontestasi Pilkades, diantaranya Desa Sidowaluyo Haroni (nomor 1) dan Lie Anie (nomor 2); Desa Sukamaju Junaidi (nomor 1), RidwanSultoni (nomor 2) dan Absorihim (nomor 3).

Kemudian Desa Budidaya Ahmad Andi Hernowo (nomor 1), Subagio (nomor 2), Aan Kurniawan (nomor 3 ) dan Juari (nomor 4); Desa Siringjaha Sarhadi (nomor 1), Rusli (nomor 2) dan Ayub Yusup (nomor 3).

Sementara di Kabupaten Lampung Selatan terdapat 42 Desa dan 138 calon Kepala Desa pada kontestasi Pilkades serentak gelombang II tahun 2023 yang digelar pada Kamis (31/8/2023).

Adapun jumlah DPT dari 42 Desa dalam kontestasi Pilkades serentak gelombang II Lampung Selatan tersebut, tercatat sebanyak 105.306 mata pilih.

Kemudian, petugas yang diterjunkan dalam pengamanan Pilkades serentak tersebut sebanyak 1.222 personel gabungan dari Polri, TNI, Sat Pol PP dan Linmas yang disebar di seluruh TPS. (Jalu/Red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.