Berita  

Pererat Keakraban dan Jalin Tali Silaturahmi, Babinsa Komsos Bersama Warga Binaan

Avatar photo

LAMPUNGTERKINI.ID – Komunikasi Sosial (Komsos) adalah salah satu media Babinsa untuk mengenal warganya lebih dekat lagi dan sebagai sarana silaturahmi kepada warga binaannya agar warga menjadi lebih dekat dan akrab dengan Babinsanya, Kegiatan Komsos bertujuan untuk mempererat hubungan silaturahmi antara aparat kewilayahan dan komponen masyarakat.

Kedekatan antara Babinsa Koramil 421-06/Natar Kodim 0421/Lamsel dengan Masyarakat yang dalam kesehariannya terus saling berinteraksi melalui kegiatan Komsos, sehingga timbul rasa kepercayaan dan empati Masyarakat kepada para Babinsa di Wilayah Binaannya.

Hal ini dibuktikan dengan kehadiran para Babinsa Koramil 421-06/Natar, ditempat yang berbeda yaitu Serda Kari Monangan melaksanakan komsos bersama Bapak Supriyatno Kadus Ponco Bakti dan warga di Desa Panca Bakti Kecamatan Tegineneng Kabupaten Pesawaran dan Serda Deki Juliansyah Komsos sekaligus pengecekan Siskamling atau Ronda malam di wilayah bersama dengan Kadus, anggota Linmas dan warga di Dusun III Desa Tanjung Sari Kecamatan Natar Kabupaten Lampung Selatan, Sabtu (22/06/2024).

Dalam Komsos nya Serda Kari Monangan menjelaskan tujuan Komsos tersebut adalah untuk mendekatkan anggota TNI dengan warga masyarakat khususnya Babinsa guna menciptakan komunikasi dan hubungan kerja yang bersinergi.

“Ajakan Babinsa kepada warga menjaga keamanan lingkungan, sehingga setiap saat kondisi keamanan wilayah dapat terpantau dan dapat dikoordinasikan guna mencapai hasil yang maksimal,” jelasnya.

Terpisah, Serda Deki Juliansyah mengatakan Komsos merupakan salah satu metode Pembinaan Teritorial (Binter) yang digunakan untuk menyampaikan berbagai hal berkaitan dengan tugas, peran, fungsi, visi dan misi serta kebijakan komando kewilayahan.

“Dalam kegiatan pengecekan ronda malam Babinsa juga memberikan penekanan kepada para orang tua agar jangan memberikan izin bagi anak-anaknya keluyuran hingga larut malam karena itu dapat memberikan dampak yang tidak baik, bisa terpengaruh melakukan aksi kejahatan ketika diajak oleh rekan-rekannya dan bisa juga menjadi korban kejahatan,” kata Babinsa.

Menurutnya para orang tua harus belajar dari pengalaman kasus begal yang kerap terjadi beberapa waktu lalu, akibat keteledoran orang tua sehingga anak-anaknya yang baru menginjak masa remaja sudah ikut-ikutan melakukan aksi pembegalan tersebut.

“Begitu pula tidak sedikit remaja menjadi korban tawuran karena berada di luar rumah di malam hari,” ujarnya.

Sembari bercengkerama kepada warga yang sedang melaksanakan ronda malam, Babinsa Serda Deki Juliansyah memberikan pemahaman terhadap warga agar tetap menjaga keamanan dan ketertiban di Lingkungan masing-masing, kita harus tetap waspada terhadap aksi pencurian.

“Jangan sampai kita lengah sehingga memberikan peluang bagi pencuri untuk melakukan aksinya,” ungkapnya.

Sementara, Danramil 421-06/Natar, Kapten CKE Agus Masgusriyanto dalam rilis keterangannya menuturkan, melalui Komsos secara rutin di wilayah binaan, keberadaan Babinsa dapat lebih dikenal dan diterima baik oleh masyarakat, dengan begitu, akan terjalin keharmonisan dan kerjasama yang kuat.

“Sehingga segala informasi di wilayah dapat segera kita ketahui, sebab masyarakat tidak merasa segan untuk melaporkan segala perkembangan yang ada di wilayah, sudah menjadi tugas dan tanggung jawab Babinsa untuk selalu berada di tengah-tengah masyarakat. Babinsa harus tahu situasi dan kondisi wilayah binaan dan bisa menjadi solusi bagi warganya,” tutur Danramil.

Penulis : Heriindarto952

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *