Berita  

Babinsa dan Bhabinkamtibmas Dampingi Penyaluran Bantuan Ketahanan Pangan

Avatar photo

LAMPUNGTERKINI.ID – Ketahanan Pangan adalah kondisi terpenuhinya Pangan bagi Negara sampai dengan perseorangan, yang tercermin dari tersedianya Pangan yang cukup, baik jumlah maupun mutunya, aman, beragam, bergizi, merata, dan terjangkau serta tidak bertentangan dengan agama, keyakinan, dan budaya masyarakat, untuk dapat hidup sehat.

Dalam rangka mendukung program ketahanan pangan yang dicanangkan oleh Pemerintah, Babinsa Koramil 421-06/Natar, Kodim 0421/Lamsel, Kopda Nur Diansah dan Bhabinkamtibmas Polsek Natar, Bripka Feriansyah melakukan pendampingan kepada Perangkat Desa Sidosari Kecamatan Natar Kabupaten Lampung Selatan dalam menerima bantuan ketahanan pangan dari Dinas ketahanan pangan dan dinas pertanian Kab. Lampung selatan berupa 9 ekor kambing, bibit alpukat alligator 200 batang dan bibit pohon jati emas 200 batang, Sabtu (15/06/2024).

Babinsa Sidosari menjelaskan, Kambing merupakan hewan ternak yang memiliki keuntungan yang banyak, dagingnya memiliki nilai jual yang lumayan tinggi dan bernilai baik, terlebih pada hari besar islam Idul Adha, biasanya harga kambing meningkat dan memiliki harga jual yang sangat tinggi.

Sedangkan Alpukat alligator termasuk jenis alpukat unggulan, jenis ini dikatakan unggulan karena keunggulannya dari segi ukuran yang besar lonjong, lebih besar dari pada varietas lainnya, segi rasa juga tidak diragukan lagi, karena alpukat aligator memiliki rasa yang khas dan manis, pohon Jati emas adalah jenis yang paling banyak dibudidayakan karena pertumbuhannya lebih cepat dan masa hidup yang lebih lama.

“Jati jenis ini membutuhkan waktu 6-14 tahun untuk tumbuh dan kemudian ditebang,” jelas Babinsa.

Kopda Nur Diansah juga menambahkan kegiatan ini merupakan upaya mendukung program ketahanan pangan demi meningkatkan perekonomian nasional dengan memanfaatkan lahan tidur.

“Dengan memanfaatkan lahan tidur yang ada untuk menjadi lahan produktif dan menghasilkan, sehingga dapat meningkatkan perekonomian bagi masyarakat,” imbuhnya.

Dirinya juga berharap, melalui kegiatan ternak kambing, budidaya alpukat alligator dan menanam pohon jati emas tersebut dapat mengedukasi masyarakat untuk ikut serta dalam mensukseskan program ketahanan pangan nasional.

“Mari kita senantiasa bekerja keras dan terus berusaha, demi meningkatkan penghasilan, sehingga taraf hidup meningkat dan kesejahteraan masyarakat dapat tercapai,ā€¯ tutupnya.

Penulis : Heriindarto

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *