Pererat Keakraban dan Jalin Silaturahmi, Babinsa Komsos Bersama Warga Binaan

Avatar photo

LAMPUNGTERKINI.ID – Komunikasi Sosial (Komsos) adalah salah satu media Babinsa untuk mengenal warganya lebih dekat lagi dan sebagai sarana silaturahmi kepada warga binaannya agar warga menjadi lebih dekat dan akrab dengan Babinsanya, Kegiatan Komsos bertujuan untuk mempererat hubungan silaturahmi antara aparat kewilayahan dan komponen masyarakat.

Kedekatan antara Babinsa Koramil 421-06/Natar Kodim 0421/Lamsel dengan Masyarakat yang dalam kesehariannya terus saling berinteraksi melalui kegiatan Komsos, sehingga timbul rasa kepercayaan dan empati Masyarakat kepada para Babinsa di Wilayah Binaannya.

Hal ini dibuktikan dengan kehadiran tiga orang Babinsa Koramil 421-06/Natar, ditempat yang berbeda yaitu Sertu Abdul Gani melaksanakan komsos bersama Bapak Rahman petani binaan di Desa Krawang Sari Kecamatan Natar Kabupaten Lamsel, Serda Budiyanto Komsos bersama Bapak Amran warga binaan di Desa Sinar Jati Kecamatan Tegineneng dan Serda Epus Komsos bersama Ketua Gapoktan Bapak Sutrisno di Desa Trimulyo Kecamatan Tegineneng Kabupaten Pesawaran, Jum’at (10/05/2024).

Mewakili Babinsa yang lain Sertu Abdul Gani kepada awak media menjelaskan, tujuan Komsos tersebut adalah untuk mendekatkan anggota TNI dengan warga masyarakat khususnya Babinsa guna menciptakan komunikasi dan hubungan kerja yang bersinergi.

“Ajakan Babinsa kepada warga menjaga keamanan lingkungan, sehingga setiap saat kondisi keamanan wilayah dapat terpantau dan dapat dikoordinasikan guna mencapai hasil yang maksimal,” jelasnya.

Selanjutnya, seorang aparat kewilayahan yang bertugas di wilayah diwajibkan harus mampu membaur dengan masyarakat dari berbagai kalangan dan itu adalah wajib, Sinergitas antara TNI dan masyarakat wajib dilakukan dan terus ditingkatkan karena komunikasi itu penting untuk menjaga lingkungan tetap aman dan nyaman.

“Kegiatan komunikasi sosial yang dilakukan tersebut merupakan salah satu pelaksanaan metode Binter TNI AD yang bertujuan untuk meningkatkan kebersamaan TNI rakyat sehingga nantinya ke depan akan mempermudah dalam melakukan koordinasi guna menangani permasalahan yang timbul di wilayah,” tutur Sertu Abdul Gani.

Terpisah, Danramil 421-06/Natar, Kapten CKE Agus Masgusriyanto dalam rilis keterangannya menuturkan, melalui Komsos secara rutin di wilayah binaan, keberadaan Babinsa dapat lebih dikenal dan diterima baik oleh masyarakat, dengan begitu, akan terjalin keharmonisan dan kerjasama yang kuat.

“Sehingga segala informasi di wilayah dapat segera kita ketahui, sebab masyarakat tidak merasa segan untuk melaporkan segala perkembangan yang ada di wilayah, sudah menjadi tugas dan tanggung jawab Babinsa untuk selalu berada di tengah-tengah masyarakat. Babinsa harus tahu situasi dan kondisi wilayah binaan dan bisa menjadi solusi bagi warganya,” pungkas Danramil.

Penulis : Heriindarto952

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *