Bantu Panen Padi, Babinsa Komsos dan Ngopi Bersama Petani di Sawah

LAMPUNGTERKINI.ID – Dalam rangka mendukung program Pemerintah tentang Swasembada Pangan, Babinsa Koramil 421-06/Natar Jajaran Kodim 0421/Lamsel Sertu Heri Indarto turun ke sawah membantu Subari (57) yang sedang memanen padi dilahan seluas 1/4 hektar petani binaan di Dusun Kaliasin II Desa Kalisari Kecamatan Natar Kabupaten Lampung Selatan, Kamis (09/05/2024).

Diarea persawahan sembari ngopi Babinsa mengatakan, Pendampingan kepada petani oleh Babinsa dilakukan dengan sangat humanis penuh keakraban dan dengan suasana kekeluargaan sehingga para petani merasa tidak canggung menerima kehadiran babinsa di tengah-tengah mereka.

“Membangun kedekatan dan kepercayaan kepada seluruh elemen masyarakat termasuk petani menjadi langkah penting bagi babinsa di wilayah binaan, menghadapi para petani Babinsa dituntut bisa lugas dan luwes mengingat budaya warga Desa Kalisari yang sangat halus dan ramah sehingga upaya mendukung dan mensukseskan program pemerintah bisa berhasil,” ujarnya.

Hal serupa yang selama ini sudah dilakukan oleh seluruh anggota Koramil 421-06/Natar saat melakukan tugas pendampingan.

“Mereka para petani saya anggap seperti saudara sendiri, kami turun ke sawah bersama, menyiapkan lahan, menanam, merawat dan memanen bersama, bahkan kami juga makan dan ngopi di sawah bersama mereka” jelasnya.

Di tempat terpisah, Danramil 421-06/Natar Kapten CKE Agus Masgustiyanto menjelaskan, kegiatan pendampingan yang dilakukan oleh Babinsa mulai dari kegiatan penyuluhan, bercocok tanam sampai panen merupakan bentuk pendekatan emosional terhadap petani dan masyarakat binaannya, hal ini untuk memperlancar kerjasama dengan para petani yang bertujuan meningkatkan program swasembada pangan yang ditargetkan pemerintah,

“Koramil 421-06/Natar akan selalu siap mendampingi para Petani dan selalu berkoordinasi dengan pihak terkait demi suksesnya program ketahanan pangan Nasional di Kecamatan Natar,” jelas Danramil.

Sementara itu Subari menyampaikan kegembiraannya saat dibantu oleh Babinsa memanen dan merontokan padi sembari ngopi bersama.

“Matur Nuwun dan terima kasih pak babinsa telah membantu saya memanen padi, tadinya saya pikir Tentara hanya bisa pegang bedil, ternyata pandai juga bertani dan luwes pegang sabit dan merontokan padi,” kata Subari sambil tersenyum.

Penulis : Heri952

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *