Urai Kemacetan, Babinsa Bantu Satlantas Polres Pesawaran Rekayasa Lalulintas

by -1919 Views
Sertu Heri Indarto dan Koptu Eviyanto yang juga sebagai anggota Pos Pam Tugu Keris Tegineneng, turun ke jalan membantu aparat Kepolisian mengatur arus lalu lintas, foto : Heri952

LAMPUNGTERKINI.ID – Banyaknya aktivitas masyarakat pada saat Hari Raya Idul Fitri 1445 H tahun 2024 membuat sebagian arus lalu lintas jalan terjadi penumpukan dan kemacetan, tradisi Lebaran Ketupat merupakan puncak dari Hari Raya Idul Fitri, dimana masyarakat berbondong-bondong menuju lokasi tempat wisata seperti pantai dan lain sebagainya.

Menyikapi kejadian tersebut Babinsa Koramil 421-06/Natar, Kodim 0421/Lamsel, Sertu Heri Indarto dan Koptu Eviyanto yang juga sebagai anggota Pos Pam Tugu Keris Tegineneng, turun ke jalan membantu aparat Kepolisian mengatur arus lalu lintas kendaraan di sepanjang Jalan. Lintas Sumatera tepatnya di Pertigaan Desa Bumi Agung atau Simpang menuju Desa Trimulyo (antara jembatan Tegineneng dan PertigaanTugu Keris arah ke Kota Metro) Kecamatan Tegineneng Kabupaten Pesawaran, Jum’at (12/04/2024).

Area tersebut merupakan simpang tiga yang sangat strategis yang sering menjadi titik kemacetan dengan tingginya volume kendaraan yang melintas menuju ke arah Bandar Lampung, Bandar Jaya, Kota Metro, Gedong Tataan serta Pringsewu, Petugas Keamanan dari TNI, Polri dan Dishub disiagakan dari pagi hingga puncak arus balik pada malam hari untuk mengurai kemacetan dan menjaga keamanan selama masyarakat pengguna jalan raya melintas di lokasi tersebut.

Kepadatan arus lalu lintas terutama dari arah Trimulyo menuju jalan utama lintas Sumatera, serta dari Bandar Lampung, Kota Metro dan Bandar Jaya menuju arah Trimulyo atau pun Gedong Tataan, serta warga yang akan ke Pasar Tegineneng, di titik itulah sering terjadi penumpukan kendaraan roda dua,roda empat, truk serta bis yang melintas, guna memperlancar arus lalu lintas dan mengurai kemacetan.

“Tak heran bila anggota Pos Pam Tugu Keris mengalihkan kan tugasnya membantu mengatasi kemacetan tersebut,” ungkap Danramil 421-06/Natar, Kapten Chb Agus Masgusriyanto.

Menurutnya, kegiatan yang dilakukan oleh salah seorang anggota Babinsanya merupakan salah satu tugas dan tanggungjawab aparatur kewilayahan.

“Babinsa adalah merupakan ujung Tombak Satuan Teritorial TNI AD dimana dalam menjalankan tugas dan tanggungjawabnya akan selalu bersinergi dengan jajaran Polri dan instansi terkait lainnya yang ada di wilayah masing-masing,” tuturnya.

Selain itu Babinsa merupakan salah satu aparat teritorial yang mempunyai tugas membantu kenyamanan, ketertiban dan keamanan masyarakat wilayahnya. Termasuk dengan turut serta membantu mengatur lalu lintas tersebut.

“Kelancaran arus lalu lintas kendaraan bisa sedikit teratasi dan dapat terciptanya kenyamanan serta keamanan bagi masyarakat khususnya pengguna jalan raya,” tutupnya.

Senada dengan Danramil, Ipda Crish Kapospol Pam Tugu Keris Polres Pesawaran menyampaikan, kami bersama anggota TNI serta Instansi lainnya terus menghimbau kepada masyarakat untuk tetap berhati-hati dalam berkendaraan.

“Mengingat kondisi jalan di titik tersebut ada sebagain yang berlubang dan licin akibat hujan yang terus mengguyur dari malam tadi,” ucapnya.

“Kami bersama TNI terus memberikan arahan kepada masyarakat untuk tetap pada jalur yang telah di tetapkan oleh Satlantas Polres Pesawaran demi lancarnya arus balik masyarakat menuju rumah masing-masing, kemacetan mulai terurai saat petugas mengatur arus lalin dan merekayasa lalu lintas,” tutupnya

Penulis : Heri952

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.