Pantau Perkembangan Ternak Warga Desa Binaan, Babinsa Bantu Beri Pakan

by -1811 Views
Serda Anton Wahyudi membantu warga memberikan makan ternak kambing, foto : Heri Indarto

LAMPUNGTERKINI.ID, PESAWARAN – Sebagai bentuk kepedulian terhadap warga Desa Binaan, Babinsa Koramil 421-06/Natar, Kodim 0421/Lamsel yang selalu hadir di tengah-tengah masyarakat untuk berbaur bersama, salah satunya adalah Serda Anton Wahyudi yang pada kesempatan ini membantu warga memberikan makan ternak Kambing milik bapak Sulaiman di Dusun Sriwedari Desa Sriwedari Kecamatan Tegineneng Kabupaten Pesawaran, Rabu (3/4/2024).

Serda Anton Wahyudi menuturkan, sebagaimana diketahui, kambing merupakan hewan ternak yang memiliki keuntungan yang banyak. dagingnya memiliki nilai jual yang lumayan tinggi terlebih pada hari atau moment tertentu misal Idul Adha/Lebaran Haji.

“Perawatan dan pemeliharaan kambing memang gampang-gampang susah. Namun untuk lokasi Desa atau perkampungan, memelihara kambing memiliki banyak kemudahan karena di kampung masih banyak lahan kosong yang ditumbuhi rumput sebagai makanannya, namun pada musim kemarau seperti sekarang ini para peternak harus putar otak mencari makanan alternatife guna mencukupi pakan utama yaitu rumput yang sudah pasti berkurang akibat musim kemarau,” ujarnya.

Untuk itu Babinsa memberikan solusi dengan penambahan makanan konsentrat dan makanan fermentasi yang dapat disimpan serta mengandung nutrisi yang dibutuhkan oleh Tumbuh kembang kambing , selain itu juga menghimbau kepada pemilik ternak agar selalu menjaga kebersihan kandang agar kambing sehat dan bersih serta tidak menimbulkan bau apalagi kandang dekat dengan pemukiman warga.

“Sedapat mungkin untuk Manfaat limbah kotoran kambing, limbah tersebut pun dapat digunakan untuk pupuk pertanian yang sangat baik bagi kesuburan tanah sehingga dapat membantu meningkatkan usaha pertanian,” imbuhnya.

Pada waktu itu, ia sekaligus memberikan saran pada Bapak Sulaiman agar memperhatikan pemberian minum air bersih dengan intensitas tertentu guna mengoptimalkan kebutuhan air bagi kambing ternak.

“Pemberian minum sangat berpengaruh terhadap kambing ternak. Kambing yang cukup minum akan meningkatkan nafsu makan, sehingga cukup berpengaruh bagi pertumbuhan kambing ternak,” tukasnya.

Terkait dengan pemberian minum, Serda Anton Wahyudi juga menambahkan bahwa perlu ditambah garam secukupnya kira-kira 200 gr/ekor di tiap bulannya, untuk mencukupi kebutuhan mineral bagi kambing ternak.

“Garam yang diberikan pada kambing ternak tidak boleh berlebihan agar tidak meracuni,” katanya dengan ramah.

Sulaiman sebagai peternak Kambing menambahkan, hewan kambing sangat mudah diperjual belikan kepada agen maupun pasar, terlebih apabila kita memiliki ternak kambing yang kualitasnya sehat dan gemuk-gemuk, pembeli akan datang dengan sendirinya.

“Saya ucapkan terimakasih kepada Bapak Babinsa yang telah memberikan saran masukan serta motivasinya kepada kami, mudah-mudahan dengan kehadirannya Bapak Babinsa dapat memberikan semangat bagi kami peternak dan warga lainnya,” pungkasnya.

Penulis : Heri952

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.