Kebersamaan, Babinsa Komsos Dengan Petani Rawat Tanaman Pepaya

by -1786 Views
Serda Epus membantu Petani binaan nya dalam aktifitas merawat tanaman Pepaya, foto : Heri Indarto

LAMPUNGTERKINI.ID, PESAWARAN – Guna mendongkrak perekonomian masyarakat agar memiliki Ketahanan Pangan yang kuat serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat di wilayah binaan dalam bidang pertanian sehingga terwujudnya program pemerintah dalam ketahanan pangan Nasional.

Babinsa Koramil 421-06/Natar, Serda Epus membantu Petani binaan nya dalam aktifitas merawat tanaman Pepaya dengan luas lahan sekitar 0,5 Hektar di Kebun milik Bapak Rudiyanto yang berlokasi di Dusun II RT.05 Desa Trimulyo Kecamatan Tegineneng Kabupaten Pesawaran, Selasa (2/4/2024) .

Babinsa mengatakan Pendampingan yang dilakukan bertujuan untuk membakar api semangat Petani agar lebih giat lagi dalam merawat lahan Pertaniannya, Manakala ditemui kendala, maka Babinsa dapat dengan segera mencari solusi penyelesaiannya serta upaya untuk mempercepat masa tanam dan panen sebagai bentuk kepedulian TNI, khususnya Koramil 421-06/Natar.

“Hal ini dilakukan guna membantu Pemerintah Daerah terutama di Kecamatan Tegineneng sebagai salah satu wujud nyata di lapangan dalam rangka menyukseskan program pemerintah dalam ketahanan pangan di Kabupaten Pesawaran,”jelasnya.

Serda Epus menambahkan pepaya adalah salah satu jenis buah buahan yang memiliki nilai ekonomi tinggi dan banyak dicari di pasaran, budidaya pepaya sebenarnya cukup mudah namun perlu memperhatikan beberapa hal seperti kondisi tempat tumbuh dan cuaca pada saat proses penanaman.

“Cara merawat tanaman pepaya berikutnya yaitu rutin melakukan pemupukan, terdapat dua jenis pupuk yang dibutuhkan yaitu pupuk organik dan anorganik, Pupuk organik bisa berasal dari kompos kotoran hewan ataupun sisa tanaman. Sementara itu, pupuk organik yang sering diberikan yaitu Urea, SP-36, dan pupuk Kalium, Pupuk organik diberikan saat penanaman sebagai pupuk dasar, sementara itu, pupuk anorganik diberikan secara bertahap sebagai pupuk susulan,” jelas Babinsa.

Danramil 421-06/Natar Kapten Chb Agus Masgusriyanto menerangkan implementasi pendampingan yang dilakukan oleh Babinsa merupakan upaya peran aktif sebagai Aparat Komando Kewilayahan (Apkowil) dalam rangka mendongkrak perekonomian sekaligus meningkatkan taraf kesejahteraan masyarakat.

“Dalam kegiatan pendampingan di lapangan, Babinsa menghimbau Petani agar selalu melakukan perawatan tanaman secara intens, rutin memupuk dan rajin membersihkan lahan dari rumput liar yang dapat menghambat tumbuh kembangnya tanaman. Yakinlah, Babinsa Kami akan senantiasa setia dan sedia membantu masyarakat kapanpun dan dalam kondisi apapun, “terang Danramil.

Sementara, Rudiyanto selaku pemilik kebun mengatakan, terima kasih kepada Pak Babinsa yang sudah bertukar pikiran dan pengetahuan tentang tata cara budidaya dan merawat tanaman pepaya agar menghasilkan buah pepaya yang melimpah dan menyemangati serta peduli dengan Petani dan tiada henti hentinya membina petani dari mulai mengolah lahan, menyemai bibit, menanam, sampai dengan panen selalu mendampingi Petani.

“Semoga dengan jerih payah kami dan Babinsa, panen pepaya kali ini membuahkan hasil yang memuaskan sesuai dengan harapan kami,” tutup Rudiyanto.

Penulis : Heri952

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.