Kritis Tepat Etis
Daerah  

Bentuk Kepedulian Pada Warga Binaan, Babinsa Bantu Petani Panen Padi

Sertu Heri Indarto turun ke sawah bantu petani panen padi, foto : lampungterkini.id

LAMPUNGTERKINI.ID – Beginilah bentuk nyata TNI khususnya Prajurit kewilayahan yaitu Babinsa dalam mendukung ketahanan pangan (Hanpangan), kemanunggalan TNI bersama Rakyat demi mewujudkan Swasembada Pangan Nasional agar terciptanya Kesejahteraan dan Kemakmuran petani.

Kedekatan antara Babinsa Koramil 421-06/Natar Kodim 0421/Lamsel dengan Masyarakat yang dalam kesehariannya terus saling berinteraksi melalui kegiatan Komsos, sehingga timbul rasa kepercayaan dan empati Masyarakat kepada para Babinsa di Wilayah Binaannya. Hal ini dibuktikan dengan kehadiran Babinsa Koramil 421-06/Natar Sertu Heri Indarto di hamparan tanaman padi.

Babinsa Koramil 421-06/Natar, Kodim 0421/Lamsel, Sertu Heri Indarto turun ke sawah melaksanakan pendampingan membantu petani binaan panen padi milik Selamet Haryanto (40) dengan luas lahan 1/4 Hektar, Jenis Varietes IR 32 (Infari 32) petani di Dusun Kaliasin III Desa Kalisari Kecamatan Natar Kabupaten Lampung Selatan, Kamis (18/04/2024).

Babinsa Sertu Heri Indarto menjelaskan, kegiatan pendampingan ini merupakan salah satu wujud nyata di lapangan untuk memberi semangat dan motivasi kepada petani dalam mendukung dan menyukseskan program swasembada pangan Nasional khususnya di Desa Kalisari dan Kecamatan Natar umumnya.

Dengan rasa semangat Babinsa menumbuhkan semangat tinggi terhadap para petani dalam melakukan panen padi, bukan hanya saat itu saja pengolahan lahan sawah, perawatan sampai penjualan padi, sebagai wujud rasa kepedulian terhadap para petani

“Diharapkan, Babinsa bisa selalu menjadi yang terdepan dalam segala kegiatan, terutama dalam pendampingan program ketahanan pangan, keberadaan Babinsa sendiri adalah sebagai penggerak kemajuan pembangunan untuk kesejahteraan masyarakat,” jelasnya.

Dilokasi panen Selamet Haryanto pemilik lahan apresiasi atas dukungan yang diberikan Babinsa Desa Kalisari yang setiap saat selalu hadir di tengah tengah masyarakat, memberi semangat dan motivasi.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada Babinsa yang senantiasa membantu kami mulai dari pengolahan lahan, penyemaian bibit, penanaman, perawatan sampe panen hari ini pun Babinsa ikut membantu, sehingga memberikan motivasi bagi kami petani,” ucapnya.

Pendampingan kepada petani oleh Babinsa dilakukan dengan sangat humanis penuh keakraban dengan suasana kekeluargaan, sehingga para petani merasa tidak canggung menerima kehadiran Babinsa ditengah-tengah mereka.

“Semoga dengan kepedulian Babinsa terhadap para petani diwilayah binaan dengan turun ke sawah membantu warga memberikan motivasi dan nilai positif bagi petani agar lebih bersemangat dalam mengolah lahan pertanian,” tutup Selamet Haryanto.

Rilis keterangan Danramil 421-06/Natar Kapten CKE Agus Masgusriyanto kepada media, mengungkapkan bahwa salah satu tugas Babinsa sebagai aparat kewilayahan adalah selalu hadir dan aktif melakukan mendampingi petani maupun kelompok tani di Desa Binaan masing masing, dalam mendukung ketersediaan pangan di wilayah.

“Para Babinsa agar selalu turun kelapangan dan selalu berkoordinasi dengan PPL dalam menjalankan tugas sehingga dapat berjalan dengan lancar khususnya dalam mendukung program pertanian, dengan turunnya Babinsa di sawah diharapkan dapat memberikan Motivasi dan menumbuhkan semangat para Petani untuk meningkatkan Produktivitas hasil panen nya,” jelas Danramil Natar

Penulis : Heri952

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *