Daerah  

Babinsa Monitoring Pembangunan Jalan Rabat Beton

Avatar photo

LAMPUNGTERKINI.ID – Tugas pokok Babinsa adalah sebagai aparat kewilayahan yang bertugas membina desa binaan,dalam melaksanakan tugas pokoknya, Babinsa berfungsi antara lain pembinaan teritorial, yaitu membina potensi wilayah, kekuatan pertahanan desa, dan ketahanan masyarakat.

Babinsa Koramil 421-06/Natar, Kodim 0421/Lamsel Serda Mujiantoro melaksanakan Monitoring, pengawasan dan pemantauan pengerjaan jalan rabat beton, pengerjaan itu dilakukan di Dusun Induk Desa Rulung Helok Kecamatan Natar Kabupaten Lampung Selatan, Senin (29/4/2024).

Babinsa Rulung Helok mengatakan, bahwa keikutsertaannya dalam pemantauan, merupakan wujud kepedulian Babinsa dengan wilayah binaanya, kehadirannya juga sebagai wujud kepedulian TNI dalam mendukung program pemerintahan desa dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Kegiatan Babinsa dalam pemantauan merupakan dukungan terhadap pemerintahan desa, untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat merupakan suatu kewajiban, hal ini juga termasuk pelaksanaan tugas pembinaan wilayah binaannya,” ungkapnya.

Serda Mujiantoro menjelaskan, bahwa program pembangunan yang ada di desa baik berupa pembangunan fisik maupun non fisik bertujuan untuk mensejahterakan masyarakat, salah satu sarana yang sangat penting yaitu akses jalan. Keberadaan jalan yang masih jalan setapak dan berlumpur menjadikan program rabat jalan beton sangatlah penting guna memperkeras hingga tidak berlumpur dan tergenang saat hujan turun.

“Hal ini merupakan penunjang aktivitas masyarakat di Desa khususnya yang bekerja pada sektor pertanian dan perkebunan sehingga masyarakat akan dengan mudah melakukan aktivitas jika jalan rabat beton ini selesai di kerjakan nantinya,” imbuhnya.

Diketahui bahwa program rabat beton ini merupakan program desa yang bersumber dari dana desa tahun 2024.

“Pengerjaan ini jalan ini memiliki lebar 3 Meter, Tebal 15 CM dan panjang 75 Meter, pengerjaan dilakukan secara swakelola oleh tukang dan buruh dari dari Desa Rulung Helok,” jelasnya.

Danramil 421-06/Natar, Kapten CKE Agus Masgusriyanto menyambut baik kegiatan ini, ia mengatakan bahwa pembangunan jalan beton di Desa Rulung Helok diharapkan dapat memberikan manfaat langsung bagi masyarakat setempat.

“Jalan yang dibangun akan meningkatkan kelancaran transportasi dan peningkatan taraf hidup masyarakat, kami harap dengan adanya pembangunan jalan ini, aktivitas sehari-hari warga masyarakat bisa lancar, terutama saat turun hujan, jalan tidak lagi becek dan licin, semoga dengan pembangunan jalan beton ini, nantinya dapat menunjang peningkatan perekonomian masyarakat Desa Rulung Helok,” tuturnya.

Penulis : Heri952

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *