Musim yang Ditunggu Tiba, Babinsa Bantu Petani Panen Padi di Desa Binaan

by -2210 Views
Sertu Heri Indarto turun ke sawah melaksanakan pendampingan membantu petani binaan panen padi

LAMPUNG SELATAN-Beginilah bentuk nyata TNI khususnya Prajurit kewilayahan yaitu Babinsa dalam mendukung ketahanan pangan (Hanpangan), kemanunggalan TNI bersama Rakyat demi mewujudkan Swasembada Pangan Nasional agar terciptanya Kesejahteraan dan Kemakmuran petani.

Babinsa Koramil 421-06/Natar, Kodim 0421/Lamsel, Sertu Heri Indarto turun ke sawah melaksanakan pendampingan membantu petani binaan panen padi milik Ahmad Riyadi (56) dengan luas lahan 0,5 Hektar, Jenis Varietes IR 32 (Infari 32) petani di Dusun Banjarsari I Desa Kalisari Kecamatan Natar Kabupaten Lampung Selatan.

Babinsa Sertu Heri Indarto mengatakan, kegiatan pendampingan ini merupakan salah satu wujud nyata di lapangan untuk memberi semangat dan Motivasi kepada Petani dalam mendukung dan menyukseskan program swasembada pangan Nasional khususnya di Desa Kalisari dan Kecamatan Natar umumnya.

“Membantu warga merupakan sebagian tugas Babinsa dan merupakan wujud kemanuggalan TNI bersama Rakyat yang harus dilaksanakan sebagai tindak lanjut dari perintah Komando atas, sebagai Babinsa harus bisa selalu menjadi yang terdepan dalam segala kegiatan kemasyarakatan, terutama  yang berkaitan dengan pendampingan program swasembada pangan, keberadaan Babinsa sendiri adalah sebagai penggerak kemajuan pembangunan untuk kesejahteraan masyarakat,” kata Babinsa, Sabtu (23/3/2024).

Dilokasi panen Ahmad Riyadi sebagai pemilik lahan, menyampaikan apresiasi atas dukungan yang diberikan Babinsa Desa Kalisari yang setiap saat selalu hadir di tengah tengah masyarakat, memberi semangat dan motivasi, saya mengucapkan terima kasih kepada Babinsa yang senantiasa membantu kami mulai dari pengolahan lahan, penyemaian bibit, penanaman, perawatan sampe panen hari ini pun Babinsa ikut membantu, sehingga memberikan motivasi bagi kami petani,” ucapnya.

Menurut Ahmad Riyadi, dengan adanya kegiatan pendampingan dari Babinsa, Alhamduliliah musim yang di tunggu telah tiba dan hasil panen tahun ini meningkat, sehingga dapat dirasakan manfaatnya oleh semua petani disini.

“Pendampingan kepada kami petani oleh Babinsa dilakukan dengan sangat humanis penuh keakraban dengan suasana kekeluargaan, sehingga para petani merasa tidak canggung menerima kehadiran Babinsa ditengah-tengah mereka. Semoga dengan kepedulian Babinsa terhadap para petani diwilayah binaan dengan turun ke sawah membantu warga memberikan motivasi dan nilai positif bagi petani agar lebih bersemangat dalam mengolah lahan pertanian,” tutur Ahmad Riyadi.

Danramil 421-06/Natar Kapten Chb Agus Masgusriyanto dalam rilisnya, mengungkapkan bahwa salah satu tugas Babinsa sebagai aparat kewilayahan adalah selalu hadir dan aktif melakukan mendampingi petani maupun kelompok tani di Desa Binaan masing masing, dalam mendukung ketersediaan pangan di wilayah.

“Para Babinsa agar selalu turun kelapangan dan selalu berkoordinasi dengan PPL dalam menjalankan tugas sehingga dapat berjalan dengan lancar khususnya dalam mendukung program pertanian, dengan turunnya Babinsa di sawah diharapkan dapat memberikan Motivasi dan menumbuhkan semangat para Petani untuk meningkatkan Produktivitas hasil panen nya,” jelas Danramil Natar.

Penulis : Heri952

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.