Buka Puasa Bersama Awak Media, ASDP Bakauheni Siapkan Dermaga Aman Cuaca Ekstrim

by -2667 Views
General Manager (GM) PT ASDP Pelabuhan Bakauheni Lamsel Capt Rudi Sunarko bersama Hunas ASDP Bakauheni Syaiful Harahap, foto : Mukhlas

BAKAUHENI – Guna kesuksesan pelayanan angkutan lebaran tahun 2024 ini, PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Cabang Pelabuhan Bakauheni menggelar acara Silaturahmi dan Buka Puasa Bersama dengan para awak media di Lampung Selatan, yang berlangsung di Aula VVIP Room Gedung ASDP Pelabuhan Bakauheni, Rabu (20/3/2024).

Dalam acara itu, General Manager (GM) PT ASDP Pelabuhan Bakauheni Lamsel Capt Rudi Sunarko bersama Hunas ASDP Bakauheni Syaiful Harahap menjelaskan secara rinci skena antisipasi cuaca ekstrim penyebrangan pelabuhan Bakauheni.

Dalam penjelasannya, Capt Rudi (sapaan akrabnya) mengatakan selama ini pihak perusahaan sudah berkoordinasi dengan semua pihak terkait cuaca ekstrim. Cuaca ekstrim itu, bukanlah cuaca buruk. Sebab, cuaca itu merupakan bagian dari teman kita seperti angin, ombak dan hujan.

“Kita juga bisa lakukan prediksi cuaca dengan BMKG, terutama tentang kapan waktunya akan terjadi cuaca ekstrim tersebut. Karenanya, kita akan menyiapkan contingency plannya,” jelas Capt Rudi dengan para awak media.

Menurut Capt Rudi, untuk penumpang kapal sudah disiapkan dermaga yang aman, dengan kondisi dermaga yang baik dari mulai dermaga 1 hingga 7. “Dermaga ini, sudah terlindungi pulau pulau disekitarnya sebagai break walter.

“Semua pelataran penumpang dan kendaraan akan diarahkan ke dermaga 1 dan dermaga 2, yang posisinya aman. Karenanya, plan antisipasinya sudah dibuat skemanya sesuai prosedur keamanan bagi semua pengguna jasa penyebrangan,” tukasnya.

Sedangkan, lanjut Capt Rudi, untuk tiket yang sudah melewati batas waktu yang dimiliki penumpang kapal, masih bisa digunakan, sesuai ketentuan dan administrasi pelabuhan apakah tiket yang sudah lewat batas waktunya itu merupakan bagian keterlambatan berdasarkan fakta dan realita kondisi yang memungkinkan untuk dapat dipakai atau tidak, seperti akibat cuaca ekstrim, tanah longsor atau bencana lainnya.

“Meski begitu, sebaiknya pengguna jasa penyebrangan untuk selalu membeli tiket sesuai dengan keberangkatannya, seperti pemberlakuan yang telah diberlakukan sejak arus mudik di tahun baru lalu serta pembelian tiket onlinenya sudah diatur sesuai jarak yang ditetapkan. Yakni, minimal 4 Km dari jarak,” pungkasnya,

 

Ditambahkannya, untuk saat ini ASDP Cabang Bakauheni telah menyiapkan sebanyak 66 kapal untuk melayani angkutan lebaran tahun 2024 ini, ternasuk tiga kapal docking atau dalam kondisi perawatan.

“Juga telah disiapkan ada 7 dermaga. Lalu, untuk ekspres disiapkan dua dermaga dan untuk eklusif di dermaga 1 dan dermaga 6 untuk reguler. Untuk reguler disiapkan 57 kapal, ada 6 kapal untuk diekpres,” ucap Capt Rudi Sunarko. (TB-AS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.