Babinsa Bantu Warga Binaan Panen Singkong

by -2262 Views
Serda Anton Wahyudi membantu petani panen singkong, foto : Heri Indarto

LAMPUNGTERKINI.ID, PESAWARAN – Babinsa Koramil 421-06/Natar Serda Anton Wahyudi membantu petani panen singkong atau ketela pohon milik Sunaryo warga Desa Sriwedari Kecamatan Tegineneng Kabupaten Pesawaran.

Singkong atau ketela pohon merupakan tanaman yang memiliki karbohidrat yang cukup tinggi sehingga dapat digunakan sebagai alternatif pengganti beras.

Ketela pohon merupakan umbi-umbian yang kaya kalori dan mengandung banyak karbohidrat serta mineral. Selain itu, singkong juga sumber vitamin C, tiamin, riboflavin, dan niasin yang baik. Bukan cuma akarnya, daun singkong juga bisa dimasak dan dikonsumsi, karena mengandung protein hingga 25 persen.

Babinsa Sriwedari Serda Anton Wahyudi menyampaikan kepada para petani, hasil singkong dapat di manfaatkan sebagai bahan pangan pokok dan bisa dijual ke pasar sebagai bahan cemilan lainnya.

“Tanaman ketela pohon itu tidak banyak membutuhkan udara, sehingga dapat digunakan sebagai makanan alternatif penganti beras, dan juga bisa dibuat untuk makanan cemilan,” ujarnya, Minggu (31/3/2024).

Babinsa juga menyampaikan bahwa pendampingan Babinsa kepada petani terus dilakukan sebagai upaya dalam meningkatkan swasembada dan ketahanan pangan diwilayah dan memberikan motivasi kepada para petani dalam meningkatkan kesejahteraan dan perekonomian para petani di Desa binaan.

Sunaryo selaku pemilik kebun mengatakan, daun ubi bisa dimanfaatkan untuk sayur dan singkongnya bisa dijual sebagaian untuk di makan sebagai penganti makanan pokok, sehingga dapat memenuhi kebutuhan pangan.

Semoga tanaman singkong yang dipanen ini dapat memperoleh hasil bagus dari tahun kemarin. Sehingga selain bisa untuk konsumsi sendiri, hasilnya juga bisa untuk di jual ke pasar, guna memenuhi tambahan pemasukan guna memenuhi kebutuhan ekonomi keluarga.

“Terima kasih Babinsa yang sudah mendampingi, membimbing kami dari mulai pengaadaan bibit, olah lahan, pemupukan, perawatan sampai panen pun selalu mendampingi kami para petani, sekali lagi saya mengucapkan terima kasih kepada Pak Babinsa yang selalu hadir di tengah tengah petani dan Masyarakat, kami bangga dengan Babinsa,” tuturnya.

Penulis : Heri952

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.