Expor Rumput Laut Sargasum Tembus Pasar Negara China

by -799 Views
Exportir Rumput laut Sargasum, foto : Agung Jalu

LAMPUNGSELATAN-Exportir Rumput laut Sargasum di Dusun Sidorukun Desa Seleretno Kabupaten Lampung Selatan tembus pasar Negara China.

Sargassum crassifolium tumbuh di daerah intertidal, subtidal sampai daerah dengan ombak besar dan arus yang deras. Alga ini tumbuh pada daerah tropis dengan suhu 27-30 oC, salinitas 32-33 ppt dan kedalaman 0,5-10 m.

Selain itu juga, Sargassum crassifolium mengandung senyawa-senyawa aktif steroida, alkaloida, fenol, dan triterpenoidberfungsi sebagai antibakteri, antivirus dan anti jamur.

Rumput laut juga mengandung asam lemak omega-3 serta antioksidan yang bermanfaat untuk kesehatan jantung. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kandungan gizi dalam rumput laut terlihat mampu menurunkan tekanan darah, mengurangi kolesterol jahat (LDL) dan kolesterol total, serta mencegah pembekuan darah.

Pada industri non-pangan, rumput laut dapat digunakan untuk produksi cat, tekstil, pasta gigi, kosmetik seperti lotion, sabun, dan sampo. Produk olahan rumput laut juga telah digunakan di dalam industri farmasi, misalnya untuk pembuatan cangkang kapsul dan media agar.

Exportir Rumput laut yang berjalan selama dua tahun ini Bernama CV Ragam Nasional Rumput (RNR) berlokasi di Dusun Sidorukun Desa Seleretno Kabupaten Lampung Selatan.

CV RNR yang bisa orang menyebut nya selama dua tahun ini continue atau stabil mengekspor  Rumput laut  dari beberapa daerah, terutama di pesisir Desa Suak, Desa Sebalang, pesisir kalianda, pesisir kota Agung, dan Kota padang.

Saat di wawancara Media Lampungterkini.id, Rio Aditia sebagai Direktur Utama dan Ruli Rahmadi sebagai wakil mengatakan, dalam satu bulan CV. RNR ini mengekspor Ke negara China hingga dua sampai empat kontainer dalam setiap bulan nya, dalam satu kontainer berkapasitas  22 Ton dan di kirim melalui jalur laut.

“Alhamdulillah bisa menambah pemasukan untuk rekan rekan nelayan atau pemberdayaan Rumput laut warga lokal pesisir. Semoga kedepan nya berjalan lancar dan saling suport,” ujarnya, Kamis (25/01/2024). (Jalu)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.