Lampung Selatan Raih Predikat Kabupaten Sangat Inovatif di IGA 2023

by -692 Views
ajang Innovative Governmet Award (IGA) 2023

JAKARTA – Pemerintah kabupaten (pemkab) Lampung Selatan kembali mengukir di tingkat Nasional, kali ini terkait dengan pencapaian target Inovasi daerah pada ajang Innovative Governmet Award (IGA) 2023 yang kembali di gelar di gedung Sasana Bakti Praja Kementrian Dalam Negeri, Jakarta, Selasa (12/12/2023).

Kabupaten Lampung Selatan meraih Predikat Kabupaten Sangat Inovatif, Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Pejabat Kementrian Dalam Negeri kepada Kepala Balitbang Kabupaten Lampung Selatan, Muhamad Yusuf, S.STP.,M.M.

Acara peneyerahan penghargaan IGA Award ini di hadiri oleh menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Abdullah Azwar dan Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian.Dalam sambutannya Menteri Tito menyampaikan dukungannya kepada Pemerintah Kabupaten/Kota yang telah mencetuskan berbagai Inovasi Daerah bagi kemajuan Bangsa dan Daerah yang tentunya bermanfaat bagi khalayak luas.

Penghargaan IGA 2023 ini di berikan kepada 95 Pemerintah Daerah yang terbagi dalam 11 katagori dan pada hari Rabu 13/12/2023 ,penghargaan tersebut diterima oleh Bupati Lampung Selatan di ruang kerjanya yang diserahkan oleh Kepala Balitbang Kabupaten Lampung Selatan, Muhamad Yusuf, S.STP.,M.M. Dengan di dampingi oleh Sekertaris Balitbang Iwan Abdulroni serta Lafran Habibi ST, MT  Kabid inovasi dan teknologi.

Untuk di ketahui Lampung Selatan teramasuk 41 Kabupaten dengan katagori sangat Inovatif, yaitu pringkat ke 28 dari 415 Kabupaten yang berpartisipasi dalam ajang penghargaan IGA Award 2023 dan pencapaian predikat Kabupaten sangat Inovatif ini menjadi salah satu prestasi penting dan sangat di nantikan bagi pemerintah daerah Kabupaten Lampung Selatan, dimana pada tahun – tahun sebelumnya masih berpredikat Inovatif.

Capaian Kabupaten Lampung Selatan yang di raih dalam penilaian Inovasi Daerah oleh Kemendagri adalah sebagai berikut:

Tahun 2020 dengan skor Inovasi Daerah 339 berada pada katagori kurang Inovatif.

Tahun 2021 dengan nilai index Inovasi Daerah 49,48 termasuk pada katagori Inovatof.

Tahun 2022 dengan nilai index Inovasi Daerah 59,92 juga masih dalam katagori Inovatif

Dan akhirnya pada tahun 2023 ini Kabupaten Lampung Selatan dapat Maraih predikat ” Sangat Inovatif ” dengan nilai Index Inovasi Daerah 62,06 . Hal ini berdasarkan surat keputusan Menteri Dalam Negeri Nomor : 400.10 .11- 6287 Tahun 2023 tentang Index Inovasi Daerah Propinsi, Kabupaten, dan Kota 2023.

Pada penilaian Inovasi Daerah Tahun 2023 ini terdapat 71 Inovasi Daerah yang dilaporkan dan dinilai oleh Kementrian Dalam Negeri, dari jumlah tersebut Kabupaten Lampung Selatan memiliki beberapa Inovasi unggulan yang mana juga telah di lombakan pada lomba ajang Inovasi Daerah Kabupaten Lampung Selatan (LINDA LAMSEL) Tahun 2023 November lalu, antara lain :

Inovasi “Pelayanan Administrasi kependudukan di Kantor Desa ( PAK KADes)” dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil.

Inovasi “Kamus Indikator Perencanaan Pembagunan Kabupaten Lampung Selatan (KICAP LAMSEL)” dari Badan Perencanaan Pembanguan Daerah.

Inovasi “PBB Online” dari Badan Pengelola Pajak dan Retribusi Derah.
Inovasi “Perkim Peduli Rumah Bencana (Peri Rencana) dari Dinas Perumahan dan Permukiman.

Inovasi “Budidaya dan Pengelolahan Daun Kelor ( BUPELOR) dari Dinas Tanaman Pangam dan Hortikultura dan Perkebunan.

Inovasi “Budidaya Udang Rendah Salinitas (BUNGRESA) dari Dinas Perikanan.

IGA Award yang rutin diselenggarakan setiap tahun ini merupakan salah satu apresiasi Pemerintah Pusat kepada Pemerintah Daerah dalam Penyelenggaran Pemerintah lewat cara – cara yang Inovatif. Oleh sebab itu, Bupati Lampung Selatan H. Nanang Ermanto mendorong agar seluruh Prangkat Daerah, termasuk Kecamatan, Sekolah serta Puskesmas yang ada di Kabupaten Lampung Selatan terus memunculkan Inovasi – inovasi terbarunya demi peningkatan pelayanan kepada masyarakat, peningkatan daya sahing Daerah dan peningkatan tata kelola Pemerintahan yang baik.Demi terwujudnya
Masyarakat Lampung Selatan yang berintegritas, Maju dan Sejahtera dengan semangat Gotong Royong. (***)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.