Jenggis Khan Haikal: Penerapan Pancasila Dalam Kehidupan Sehari Hari Cara Saling Menghargai Satu Sama Lain

by -918 Views

LAMPUNG SELATAN – Idiologi Pancasila dan Wawasan Kebangsaan, merupakan cara pandang bangsa Indonesia dalam mengelola kehidupan berbangsa dan bernegara yang dilandasi jatidiri bangsa dan kesadaran terhadap sistem nasional yang bersumber dari Pancasila.

Pancasila, bersumber dari Undang Undang 1945 dan NKRI serta Bhineka Tunggal Ika, meski berbeda-beda tetap satu jua.

Hal tersebut disampaikan Anggota Komisi III DPRD Lampung Selatan dari Fraksi Demokrat Jenggis Khan Haikal,SH.MH saat mensosialisasikan Idiologi Pancasila dan Wawasan Kebangsaan (IPWK) yang dipusatkan Desa Canggung Kecamatan Kalianda, Selasa (17/10/2023).

Dikatakan bagaimana kita memecahkan persoalan bangsa dan negara demi mencapai masyarakat yang aman, adil, makmur dan sejahtera.

“Hakekatnya Wawasan Kebangsaan ini, adalah keutuhan nasional. Azas wawasan kebangsaan ini ketentuan dasar yang harus di taati, harus dipatuhi dan dipelihara agar terwujud demi ketaatan undang undang 1945.”tegas Legeslatif dari Fraksi Demokrat Dapil 1 yang meliputi Kecamatan Kalianda dan Rajabasa itu.

Dijelaskan Penerapan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari dengan cara saling menghargai satu sama lain itu penting, tidak boleh memaksakan kehendak yang belum tentu diinginkan oleh orang lain atau kelompok.

“Kita tidak boleh membedakan atau mengkelompokan satu dengan lainnya, bahkan jangan sampai menghasut yang dapat menimbulkan perpecahan atau konflik dalam kelompok,”Jelas praktisi hukum itu yang juga anggota komisi III DPRD Lampung Selatan.

Diketahui kegiatan sosialisasi IPWK yang dipusatkan di Desa setempat itu dihadiri kepala desa dan sejumlah perangkat desa, Ketua BPD, toko masyarakat,toko pemuda toko agama serta para tamu undangan. (Red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.