Sambut HUT RI Ke-78, Pemuda-Pemudi Warga RT 02 Desa Sukabanjar Percantik Lingkungan

by -2125 Views

LAMPUNGSELATAN–Menjelang peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-78 tahun 2023, rakyat seantero nusantara (Indonesia) akan menyambutnya dengan berbagai cara serta suka cita dalam perayaan itu seperti halnya yang dilakukan para pemuda-pemudi warga lingkungan RT 02 Dusun Sandaran 1 Desa Sukabanjar, Kecamatan Sidomulyo, Lampung Selatan.

Para pemuda-pemudi tersebut, melakukan aksi gotong-royong menghias atau mempercantik lingkungan tempat tinggalnya dengan berbagai pernak-pernik serba kemerdekaan.

Mempercantik kampung itu dilakukan mulai dari membersihkan berbagai sampah, mencabut rumput liar, membuat taman, memasang lampu hias, pemasangan bendera dan umbul-umbul di sepanjang jalan kampung, membuat pagar dari bambu dengan diberi cat warna-warni hingga penghiasan gapura.

Saking antusiasnya menyambut Hari Kemerdekaan RI, para pemuda-pemudi warga lingkungan RT 02 Dusun Sandaran 1 Desa Sukabanjar melakukan kegiatan itu secara marathon mulai dari pagi, lalu sore hari dan dilanjutkan pada malam harinya.

Tak ada rasa lelah diantara mereka melakukan kegiatan tersebut, para pemuda-pemudi ini mempunyai inisiatif sendiri untuk mempercantik lingkungan tempat mereka tinggal. Bahkan kegiatan itu dilakukan, sebelum tiba bulan Agustus.

Mereka menghias lingkungan, dengan dana swadaya (urunan) atau inisiatif para pemuda. Selain itu, pendanaannya dengan meminta sumbangan dari warga lingkungan RT 02 Dusun Sandaran 1.

Ramadi, Ketua pemuda RT 02 Dusun Sandaran 1, Desa Sukabanjar menuturkan, kegiatan gotong-royong bersih-bersih di lingkungan tempat kami tinggal ini, selain mempercantik lingkungan juga dalam rangka menyambut HUT Kemerdekaan RI ke-78. Kegiatan ini dilakukan atas inisiatif kami sendiri para pemuda, selain untuk menjaga kekompakan juga untuk memperkuat simpul-simpul silaturahmi antara pemuda.

“Kami melakukan aksi kerja bakti ini, agar lingkungan tempat kami tinggal terlihat bersih, rapih dan enak dipandang mata saat menyambut HUT Kemerdekaan RI,”kata Ramadi kepada lampungterkini.id saat ditemui disela-sela kegiatan, Selasa (8/8/2023).

Menurutnya, menghias atau mempercantik lingkungan, dilakukan dengan swadaya atau inisiatif masing-masing para pemuda. Selain itu, pendanaannya dilakukan dengan meminta sumbangan dari warga khususnya dilingkungan RT 02 Dusun Sandaran 1.

“Semoga semangat kemerdekaan RI ke-78 tahun ini menjadi pengingat untuk terus melakukan hal terbaik, menumbuhkan rasa semangat gotong-royong, kekompakan dan menjunjung tinggi nilai-nilai persatuan di masyarakat,”ujarnya.

Ia juga mengatakan, kegiatan mempercantik lingkungan khususnya di RT 02 dalam menyambut HUT Kemerdekaan RI, baru digalakkan atau dilakukan pada tahun 2023 ini. Kedepannya, kegiatan positif ini bisa dilakukan secara berkelanjutan (konsisten), yakni agar kebersihan lingkungan selalu terjaga.

“Tahun-tahun sebelumnya memang belum pernah, ya baru kali pertama ini di lingkungan tempat kami tinggal dipercantik seperti ini, juga bersih dan indah dipandang mata,”ucapnya.

Sementara di lokasi yang dihias dan dibuat taman ini, lanjut Ramadi, rencananya bakal dijadikan sebagai tempat atau pusat kegiatan dari berbagai perlombaan, panjat pinang dan lainnya dalam rangka memeriahkan HUT Kemerdekaan RI ke-78.

Ia berharap, seluruh warga agar ikut serta dalam memeriahkan HUT Kemerdekaan, yakni sebagai bentuk rasa syukur kepada Allah SWT dimana negara yang kita citai ini (Indonesia) bisa terbebas dari belenggu penjajah serta sebagai tanda penghormatan terhadap para pejuang kemerdekaan.

“Sebagai bentuk ungkapan rasa syukur, kami akan mengadakan berbagai perlombaan bernuansa hiburan dalam memeriahkan HUT RI Kemerdekaan tahun ini,”pungkasnya.

Salah seorang pemuda warga setempat bernama Umri, mengaku begitu antusias menyambut datangnya hari Kemerdekaan RI ke-78 tahun ini. Ia juga mengatakan, baru kali pertama kampung di tempatnya tinggal yakni RT 02 Dusun Sandaran 1 ini dipercantik dan bersih seperti sekarang ini.

“Tidak hanya saya saja, bahkan para pemuda lainnya dilingkungan RT 02 ini tentunya semangat dan antusias mempercantik lingkungan menyambut HUT Kemerdekaan RI. Sebelumnya, tidak pernah ada sama sekali kegiatan menghias lingkungan seperti ini,”ucapnya.

Hal senada juga dikatakan seorang pemudi bernama Santi. Ia pu mengaku senang jika lingkungannya dipercantik, sehingga lingkungannya menjadi bersih, rapi dan indah.

“Harapannya kebersihan dan keindahan lingkungan bisa dijaga untuk hari-hari berikutnya, tidak hanya pada saat menyambut HUT Kemerdekaan ini saja. Kegiatan positif ini juga, bisa dilestarikan di semua lingkungan Desa Sukabanjar,”kata dia.

Sementara Kepala Desa (Kades) Sukabanjar, Muhsani kepada lampungterkini.id menuturkan, dirinya sangat mengapresiasi keaktifan para pemuda-pemudi serta warga lingkungan RT 02 Dusun Sandaran 1 dalam kegiatan kerja bakti mempercantik lingkungan dalam menyambut HUT Kemerdekaan RI.

“Saya ucapkan terima kasih untuk para pemuda warga lingkungan RT 02 Dusun Sandaran 1 yang telah bergotong-royong melakukan kerja bakti untuk bersih dan cantiknya lingkungan demi kemerdekaan negara kita,”kata dia.

Menurutnya, kemerdekaan ini tidak didapat dengan mudah, ataupun diberikan dengan cuma-cuma. Demi kemerdekaan bangsa dan negara kita (Indonesia), para pahlawan kita telah mengorbankan segalanya yang mereka punya, baik itu harta benda bahkan nyawa.

“Melaui dari Desa, mari bersama-sama membangun bangsa dan negara kita tercinta ini dengan semangat persatuan demi kemajuan bangsa,”pungkasnya. (Heri.K/Red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.