BPS Lamsel Gelar Forum Konsultasi Publik Regrosek di Desa Bandar Dalam

by -1074 Views

LAMPUNG SELATAN–Desa Bandar Dalam, Kecamatan Sidomulyo Kabupaten Lampung Selatan melakukan konsultasi publik regrosek dengan Badan Pusat Statistik (BPS) Lampung Selatan (Lamsel) di balai Desa setempat, Selasa, 16 Mei 2023.

Badan Pusat Statistik merupakan Lembaga Pemerintah Non Kementerian yang bertugas untuk menyelenggarakan dan mencatat seluruh data Statistik Nasional maupun internasional.

Registrasi Sosial Ekonomi (Regsosek) adalah : upaya pemerintah untuk membangun data kependudukan tunggal, atau satu data.

Forum konsultasi tersebut di hadiri kepala Desa Bandar dalam Suyadi, Asisten fasilitator Badan pusat Statistik, babinkamtibmas, BPD, Kepala Dusun Dan RT setempat.

Kegiatan tersebut bertajuk ‘Satu data Program perlindungan Sosial dan pemberdayaan Masyarakat’ dilakukan untuk pendataan warga atau masyarakat yang bersifat profesional di dalam desa bersifat nya data Valid.

Dalam kesempatan ini, Kepala Desa Bandar Dalam Suyadi mengatakan
Kita harus punya ketegasan dalam melakukan pendataan ini.

“Jangan ada pandang bulu (keluarga), pilih yang sesuai porsinya agar pemerataan data sesuai dengan kategori,” ujarnya.

Sementara itu Asisten fasilitator Badan Pusat Statistik Lampung Selatan, Frida menjelaskan data tersebut dilakukan dari Pihak Desa dari RT dan Kepala dusun setempat agar data yang di gunakan secara tepat.

Frida juga menjelaskan ada beberapa golongan yang kategori miskin, yaitu :
1. Sangat miskin
2. miskin
3. rentan miskin
4. tidak miskin

“Untuk mendapatkan data yang valid, RT dan kepala Dusun harus berperan aktif agar data yg di peroleh sesuai dengan keadaan masyarakat tersebut,” tuturnya. (Jalu)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.