Musrenbangcam Candipuro, Bupati Nanang Ajak Kades Wujudkan Desa Mandiri

by -1346 Views
Bupati Lampung Selatan, Nanang Ermanto saat kegiatan Musyawarah perencanaan pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tahun 2024 yang digelar di lapangan Desa Bumijaya, Kecamatan Candipuro, Senin (6/2/2023).

LAMPUNGSELATAN—Bupati Lampung Selatan, Nanang Ermanto mengajak Kepala Desa (Kades) Kecamatan Candipuro untuk mewujudkan desa mandiri. Hal itu disampaikan Bupati Nanang dalam Musyawarah perencanaan pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tahun 2024 yang digelar di lapangan Desa Bumijaya, Kecamatan Candipuro, Senin (6/2/2023).

Dalam sambutannya, Nanang Ermanto menyampaikan, meski sudah ada pelonggaran pandemi Covid-19, namun kondisi perekonomian dunia dirasa belum pulih akibat dampak pandemi Covid-19 tersebut. Selain itu juga, tingginya angka inflasi yang terjadi dibeberapa negara saat ini.

“Bisa kita lihat bersama bagaimana terpuruknya pertumbuhan ekonomi, perencanaan pembangunan dan lainnya yang sudah direncanakan mengalami penundaan akibat dampak pandemi Covid-19,”kata dia.

Menurutnya, anggaran Dana Desa (DD) untuk pembanguan pun tertunda, karena fokus diperuntukkan penanganan kesehatan dan bantuan sosial terhadap warga pada masa pandemi Covid-19 tersebut.

Untuk mencegah kemungkinan terjadinya dampak perekonomian dan tingginya inflasi di Indonesia khususnya di Kabupaten Lampung Selatan, Ia meminta seluruh Kepala Desa (Kades) di Kecamatan Candipuro saling bersinergi dalam membangun desanya agar semakin maju, mandiri dan sejahtera.

“Kemandirian desa di Lampung Selatan dapat terwujud, yakni melalui pengembangan potensi desa, pemberdayaan Sumber Daya Manusia (SDM), semangat kebersamaan dan kegotong-royongan  dari seluruh stakeholder tentunya,”ujarnya.

Dikatakannya, bagaimana kita meningkatkan perekonomian desa, maka harus perlu digali potensi desa untuk pertumbuhan ekonomi tersebut.

“Kita harus belajar dari kejadian yang terjadi, dengan harapan kita dapat bersama-sama memulihkan perekonomian,”kata dia.

Selain itu, Bupati Nanang juga mengatakan, pihaknya akan berusaha mengabulakan semua aspirasi dan usulan yang disampaikan dalam Musrenbangcam Candipuro.

“Banyak tadi saya menerima aspirasi dan usulan yang disampaikan oleh Kepala desa (Kades) dan warga masyarakat lainnya, baik itu secara tertulis maupun lisan,”ungkapnya.

Meski demikian, Ia meminta kepada para Kepala desa dan jajarannya serta warga Kecamatan Candipuro untuk dapat berkomitmen bersama menjaga pembangunan yang telah dilaksanakan. Sehingga hasil pembangunan yang telah dilaksanakan, dapat dinikmati lebih lama.

“Semua aspirasi dan usulan, Insya Allah dapat direalisasikan. Partisipasi semua pihak dalam menjaga hasil pembangunan, tentunya sangat dibutuhkan,”pungkasnya.

Sementara Camat Candipuro, Ahmad Solatan Nurohman mengatakan, mengenai realisasi kegiatan pembangunan di Kecamatan Candipuro pada tahun 2022 lalu, fokus pada pembangunan infrastruktur serta mendukung peningkatan SDM melalui sektor pendidikan.

Menurutnya, warga Kecamatan Candipuro, patut bersyukur dengan banyaknya pembangunan yang telah dilakukan pada tahun 2022 lalu. Beberapa ruas jalan yang ada diwilayah Kecamatan Candipuro, sudah dilakukan pembanguan dan sudah dinikmati oleh warga masyarakat.

“Untuk realisasi pembangunan bersumber dari dana APBD tahun 2022 seperti pembangunan jalan dan peningkatan jalan, rehab ruang kelas dan perpustakaan serta perbaikan gorong-gorong jalan Beringin Kencana senilai Rp.8,6 miliar,”kata dia.

Sementara dari data yang ada, lanjut Solatan, mengenai pembangunan yang ada diwilayah Kecamatan Candipuro totalnya mencapai Rp.31 miliar lebih. Sehingga pembangunan di wilayah pedesaan, cukup baik dan hal itu tentunya dapat meningkatkan perekonomian warga masyarakat.

“Kami berharap kepada Pemkab Lampung Selatan, dapat meningkatkan anggaran pembangunan tahun 2023 ini. Harapannya, perekoniman warga khususnya para petani dan UMKM yang ada di Kecamatan Candipuro dapat meningkat dan menggeliat,”pungkasnya.

Dikatakannya, mengenai situasi geografis wilayah dan kependudukan di Kecamatan Candipuro, terdapat 14 desa dengan luas wilayah sekitar 84,90 Km dan jumlah penduduk sebanyak 55.011 jiwa.

Kegiatan Musrenbangcam Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) yang dihelat di lapangan Desa Bumijaya, Kecamatan Candipuro tersebut, dihadiri Ketua TP PKK Lampung Selatan Winarni Nanang Ermanto, Sekdakab Lampung Selatan Thamrin beserta para pejabat utama Pemkab Lampung Selatan, Kepala Desa (Kades) dan aparatur desa se-Kecamatan Candipuro, tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh adat dan masyarakat se-Kecamatan Candipuro. (Ndi/Red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.