Empat Kades Dilantik Bupati Nanang, Larasati Satu-satunya Kades Perempuan

by -153 Views
Larasati, satu-satunya Kepala Desa (Kades) perempuan yang dilantik Bupati Lampung Selatan Nanang Ermanto bersama tiga Kades lainnya di Lapangan Merdeka, Desa Beringin Kencana, Kecamatan Candipuro, Rabu (28/12/2022). (Foto: Jalu)

LAMPUNGSELATAN-Secara resmi, Bupati Lampung Selatan Nanang Ermanto melantik empat Kepala Desa (Kades) Pergantian Antar Waktu (PAW) dari empat Kecamatan masa jabatan 2022-2025 yang berlangsung di Lapangan Merdeka, Desa Beringin Kencana, Kecamatan Candipuro, Rabu(28/12/2022).

Empat Kepala Desa PAW yang dilantik tersebut adalah, Larasati sebagai Kepala Desa Beringin Kencana, Kecamatan Candipuro, Ahmad Kepala Desa Sumur Kumbang, Kecamatan Kalianda, Sarna Kepala Desa Bakti Rasa, Kecamatan Sragi dan Purwanto Kepala Desa Gandri, Kecamatan Penengahan.

Dibalik proses demokrasi ditingkat desa tersebut, salah satu hal istimewa yakni munculnya Larasati yang merupakan satu-satunya peserta menjadi keterwakilan dari unsur perempuan dalam kontestasi Pilkades PAW di Lampung Selatan tahun 2022.

Larasati dinyatakan menang pada perhelatan pesta demokrasi Pilkades tingkat desa Beringin Kencana, Kecamatan Candipuro yang berlangsung pada 21 Desember 2022 lalu. Dalam pesta demokrasi Pilkades itu, Larasati memperoleh dukungan sebanyak 57 suara mengalahkan dua kandidat lainnya yakni Sutanto memperoleh 44 suara dan Eko Ariyanto memperoleh  41 suara.

Usai melantik, Bupati Lampung Selatan Nanang Ermanto mengucapkan selamat kepada empat Kepala Desa yang baru saja dilantik dan diambil sumpahnya. Ia juga turut mengucapkan apresiasi dan berharap, agar keterlibatan kaum perempuan dalam pesta demokrasi kedepannya akan semakin meningkat.

“Selamat untuk Kepala Desa yang baru saja dilantik. Hari ini, ada empat Kades masa jabatannya habis dan ada empat Kades terpilih hasil PAW salah satunya Kades perempuan. Sangat luar biasa, hal ini menggambarkan demokrasi kita makin matang dan makin baik,”kata Nanang dalam acara pelantikan Kades terpilih di Desa Beringin Kencana, Kecamatan Candipuro, Rabu (28/12/2022).

Bupati Lampung Selatan Nanang Ermanto melantik empat Kepala Desa (Kades) Pergantian Antar Waktu (PAW) dari empat Kecamatan masa jabatan 2022-2025 di Lapangan Merdeka, Desa Beringin Kencana, Kecamatan Candipuro, Rabu (28/12/2022). (Foto: Jalu)

Menurutnya, sejatinya kita semua punya tanggung jawab yang sama, pria dan wanita atau dengan kata lain persepektif gender dalam membangun masyarakat harus diperhatikan.

Bupati Nanang juga menyampaikan, tantangan sebagai pemimpin dari pemerintahan desa (Pemdes), harus mampu melihat potensi desanya masing-masing dan mengacu pada pertumbuhan ekonomi masyarakat desa.

Selain itu, kondisi perekonomian negara yang sulit, juga menjadi salah satu tantangan yang harus bisa ditangani oleh seluruh jajaran pemerintahan termasuk Kepala Desa melalui berbagai terobosan inovasi.

“Jadi ini harus ada tanggungjawabnya Pak Kades dan Ibu Kades. Terus bangun desa kita, dan kita juga patut bersyukur negara kita ini makmur dan tanah kita juga subur. Manfaatkan pekarangan kita dengan menanam sayur-sayuran untuk memenuhi kebutuhan pangan,”ujarnya.

Pada kesempatan ini, Bupati Nanang berpesan kepada Kepala Desa yang baru saja dilantik, agar Kades menjaga amanah, amanat dan mandat yang diberikan serta menjadikan masa depan sebagai harapan. Selain itu juga, dapat menjalankan tugas dan tanggung jawab sebaik mungkin. Kepala Desa harus sigap menangapi apa keluhan masyarakat yang ada di desanya.

“Jaga situasi desa agar tetap aman dan kondusif. Kita sebagai pelayan rakyat, harus jalankan amanah rakyat, jujur dan gotong royong membangun desa agar maju. Lanjutkan progam desa yang baik kordinasi dengan Kecamatan dan mantan kades, agar masyarakat mendapatkan manfaatnya,”pungkasnya. (Jalu/Ndi)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.