Terus Bergerak, Bamusi PDIP Lamsel Door to Door Salurkan Bantuan ke Warga Terdampak Banjir

by -816 Views
Ketua Bamusi Lampung Selatan, Herman Abdilah berikan bantuan paket sembako kepada keluarga Ali, salah satu korban yang rumahnya roboh diterjang banjir di Dusun 5, Desa Sukamaju, Kecamatan Sidomulyo, Jumat (4/11/2022)

LAMPUNGSELATAN–Organisasi sayap PDI Perjuangan, Baitul Muslimin Indonesia (Bamusi) Lampung Selatan, terus bergerak dari pintu ke pintu (door to door) memberikan bantuan paket sembako kepada warga korban banjir dibeberapa titik desa di Kecamatan Sidomulyo dan Kecamatan Candipuro.

Penyaluran bantuan, dipimpin Ketua Bamusi Lampung Selatan, Herman Abdilah bersama beberapa pengurus Bamusi Lampung Selatan serta relawan. Bantuan yang disalurkan berupa beras, mie instan, gula, minyak goreng, telur dan lainnya. Jumlah paket sembako yang sudah disalurkan kepada warga terdampa kbanjir, sekitar 300-an lebih.

Dampak banjir tersebut, tentunya mengakibatkan banyak kerugian. Selain kerugian kehilangan harta benda, juga menyebabkan dua warga Kecamatan Sidomulyo dan dua warga Banyumas, Kecamatan Candipuro meninggal dunia akibat tenggelam setelah terseret arus banjir.

Ketua Baitul Muslimin Indonesia (Bamusi) Lampung Selatan, Herman Abdillah atau akrab disebut Ustaz Herman mengatakan, pada hari pertama terjadinya banjir, Kamis (27/10/202) lalu melanda beberapa desa di Kecamatan Sidomulyo dan Candipuro, kami Bamusi Lampung Selatan bersama pengurus dan juga relawan langsung bergerak membantu warga dengan memberikan bantuan paket sembako.

“Hari pertama terjadinya banjir hingga sekarang ini, kami (Bamusi Lamsel) terus bergerak memberikan bantuan semboko secara dor to dor ke rumah-rumah warga yang terdampak banjir,”kata bakal calon anggota legislatif (Bacaleg) DPRD Lampung Selatan dari partai PDIP ini dia saat memeberikan bantuan kepada warga di Dusun 2 Tebing Kerinjing, Desa Sukamaju, Kecamatan Sidomulyo, Jumat (4/10/2022).

Selain memberikan bantuan paket sembako, kata Herman, pada saat terjadinya banjir, Bamusi Lampung Selatan juga membantu evakuasi warga di Kecamatan Sidomulyo dan memberikan bantuan pengobatan bekerjasama dengan Puskesmas Rawat Inap (PRI) Sidomulyo beserta bidan-bidan desa.

Kemudian, menyambangi kediaman korban kakak beradik yang meninggal dunia di Dusun Sukamandi, Desa Sukamaju, Kecamatan Sidomulyo dengan memberikan bantuan paket sembako dan uang santunan kepada orangtua korban, Samsudin.

“Selain bantuan paket sembako, kami (Bamusi Lamsel) bersama pihak Puskesmas menyalurkan bantuan obat-obatan kepada warga terdampak banjir,”ujarnya.

Ketua Bamusi Lampung Selatan, Herman Abdilah memberikan santunan dan bantuan paket sembako sembari berbincang dengan Samsudin, orang tua korban kakak beradik yang meninggal dunia akibat tenggelam terseret arus banjir di Dusun Sukamandi, Desa Sukamaju, Kecamatan Sidomulyo.

Menurutnya, akibat dampak banjir ini, mengakibatkan banyak kerugian yakni kerugian kehilangan harta benda, juga adanya korban jiwa. Seperti halnya di Desa Sukamaju, selain adanya korban jiwa puluhan rumah warga terendam banjir dan ada juga rumah warga yang roboh akibat terjangan banjir.

Selain itu di tempat lain terdampak banjir, yakni di Dusun Sandaran 1, Desa Sukabanjar ada sekitar 59 rumah terendam banjir hingga merobohkan rumah warga. Bahkan di Dusun Sandaran 1 ini, menjadi salah satu dusun terdampak banjir paling parah di Desa Sukabanjar, Kecamatan Sidomulyo.

“Untuk di Kecamatan Sidomulyo, selain Desa Sukamaju kami (Bamusi Lamsel) menyalurkan bantuan paket sembako di Desa Sukabanjar, Sidodadi dan Suak. Sementara Desa Talang Baru, baru dua warga diberikan bantuan. Dalam waktu dekat ini, kami akan salurkan bantuan di desa Talang Baru,”kata dia.

Ia mengungkapkan, bantuan paket sembako yang diberikan tersebut, yakni sebagai bentuk kepedulian dan kehadiran Bamusi Lampung Selatan sebagai organisasi sayap PDI Perjuangan untuk turut berbakti meringankan beban warga yang sedang terkena musibah bencana banjir.

“Bantuan ini tak seberapa, tapi ini bentuk ukhuwah Islamiah dan ukhuwah wathoniyah kepedulian Bamusi Lamsel ikut merasakan kesulitan saudara-saudara kami yang terkena musibah,”ungkapnya.

Sementara diwilayah Kecamatan Candipuro belum semua, kami (Bamusi Lampung Selatan) akan terus bergerak memberikan bantuan kepada warga terdampak banjir tersebut. Rencanaya dalam waktu dekat ini juga, kami akan  menyalurkan bantuan kepada keluarga korban meninggal dunia dan warga lainnya terdampak banjir di Desa Banyumas serta dibeberapa titik Desa Beringin Kencana dan Sinar Pasmah, Kecamatan Candipuro.

“Bantuan paket sembako yang sudah kami berikan di Kecamatan Candipuro, yakni di Desa Sidoasri dan Way Gelam. Yang jelas, kami akan terus bergerak dan langsung door to door berikan bantuan kerumah-rumah warga terdampak banjir tersebut,”pungkasnya.

Sementara Ali, salah satu korban yang rumahnya roboh diterjang banjir di Dusun 5, Desa Sukamaju mengucapkan ungkapan terimakasih atas kepedulian Bamusi Lampung Selatan yang telah memberikan bantuan paket sembako dan lainnya kepada keluarganya.

“Alhamdulilah dan terima kasih atas bantuan sembako yang diberikan kepada keluarga saya, semoga berkah. Saya doakan, mudah-mudahan pak Ustadz Herman dan Pembina Bamusi Lamsel pak Nanang Ermanto (Bupati Lamsel) serta relawan Bamusi bisa terus berbuat kebaikan kepada warga yang mebutuhkan,”ucapnya.

Baitul Muslimin Indonesia (Bamusi), merupakan wadah dakwah yang konsen dalam bidang syiar agama islam. Organisasi Bamusi ini sendiri, yakni organisasi keagamaan bernafaskan islam di tubuh partai PDI Perjuangan. Selain itu, Bamusi telah menjalankan tugasnya untuk ikut serta menyiarkan agama islam baik di internal partai PDI Perjuangan maupun di masyarakat umum. (Ndi/Red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.