Hadapi Mudik Lebaran 2022, Terminal Tipe A Rajabasa Berbenah

by -1185 Views
Terminal Tipe A Rajabasa Kota Bandarlampung, sedang melakukan perbaikan menghadapi arus mudik lebaran 2022.

BANDAR LAMPUNG – Menghadapi arus mudik lebaran Indul Fitri 1443 H Tahun 2022, Terminal Tipe A Rajabasa Kota Bandarlampung mulai berbenah diri melakukan perbaikan sejumlah fasilitas umum.

Pantauan lampungterkini.id, Minggu (17/4/2022), sejumlah pekerja tengah melakukan perbaikan dan pembenahan di Terminal Tipe A Rajabasa diberbagai tempat, seperti loket karcis, mushola, toilet, pembersihan drainase, penerangan (lampu jalan), pengecatan dan lainnya.

Ruang tunggu terminal A Rajabasa kota Bandarlampung tampak terlihat sudah rapi

Sementara untuk ruang tunggu penumpang, kondisinya sudah terlihat rapi. Situasi Terminal Tipe A Rajabasa masih lengang, belum terlihat adanya kedatangan para pemudik menggunakan armada bus berbagai tujuan.

Kemudian untuk posko pengendalian menghadapi arus mudik jelang Hari Raya Idul Fitri 1443 H, dan juga posko kesehatan belum tampak terlihat di sekitar lokasi Terminal.

Arus mudik lebaran 1443 H Tahun 2022 melalui Terminal Tipe A Rajabasa, diperkirakan akan meningkat. Pihak terminal, akan mempersiapkan sejumlah langkah menghadapi lonjakan arus mudik tersebut.

Hal tersebut, menyusul diperbolehkannya mudik lebaran tahun 2022 ini oleh pemerintah pusat dengan tetap menerapkan sejumlah aturan mulai dari protokol kesehatan hingga vaksin booster. Satuan Tugas (Satga) Penanganan Covid-19, menerbitkan aturan lengkap perjalanan mudik lebaran 1443 H.

Ketentuan itu, diatur dalam Surat Edaran (SE) nomor 16 Tahun 2022 yang mulai diberlakukan 2 April 2022.

Masyarakat yang sudah menerima vaksin dosis ketiga (booster), tidak perlu menunjukkan hasil tes antigen maupun RT-PCR. Persyaratan lainnya, bagi masyarakat yang baru menerima vaksin dosis pertama wajib PCR (3×24 jam) dan yang baru vaksin dosis kedua harus menunjukkan hasil swab antigen (1×24 jam).

Kepala Terminal Tipe A Rajabasa, Harry Indarto mengatakan, menghadapi arus mudik lebaran, pihaknya tengah berbenah melakukan perbaikan fasilitas umum untuk memberikan kenyamanan pemudik baik dari Provinsi Lampung maupun luar Provisi Lampung. Sementara mengenai lonjakan penumpang diawal Ramadhan tahun 2022 ini, masih sangat landai atau lengang.

“Ada beberapa fasilitas yang sedang dilakukan pembenahan di terminal. Untuk kedatangan penumpang, masih landai atau belum ada peningkatan penumpang,”kata dia, Minggu (17/4/2022).

Dikatakannya, pada musim mudik lebaran tahun 2022 ini, pihaknya akan menyiapkan fasilitas kesehatan dibantu petugas dari tim kesehatan. Mengenai posko kesehatan, pihaknya juga sudah berkoordinasi dengan tim kesehatan, yakni rapid antigen dan menyiapkan vaksin booster sesuai usulan rapat persiapan mudik lebaran.

”Nanti disiapkan posko kesehatan. Mengenai ketersediaan vaksin, akan dikoordinasikan dengan dinas kesehatan. Untuk aplikasi peduli lindungi, kami sudah menerapkan hal itu,”ujarnya.

Harry mengutarakan, hasil survei dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub), arus mudik lebaran tahun 2022 ini, diprediksikan bakal terjadi lonjakan penumpang baik itu yang menggunakan armada bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) dan Antar Kota Dalam Provinsi (AKDP).

“Lonjakan penumpang diperkirakan mencapai 30 persen bahkan bisa lebih, karena selama dua tahun belakangan ini tidak ada mudik,”tandasnya.

Kemudian terkait angkutan lebaran seperti jumlah dan kelaikan armada Angkutan Kota Dalam Provinsi (AKDP), Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) yang disiapkan saat arus mudik serta penerapan harga tiket, pihak pengelola Terminal Tipe A Rajabasa masih menunggu regulasi dari pemerintah pusat.

Terminal yang dulunya terkesan angker dan rawan tindak kriminalitas ini, sudah tidak tampak lagi dan jauh lebih baik. Pengelola Terminal Tipe A Rajabasa bersama aparat kepolisian, menjamin keamanan dan kenyamanan pemudik tidak perlu takut lagi singgah di terminal untuk melanjutkan perjalanan mudiknya. (Nung/Red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.