Daerah  

Songsong Ramadhan, IDI Lamsel dan Pemdes Sidodadi Gelar Bakti Sosial

Avatar photo

LAMPUNG SELATAN – Songsong Ramadhan 1442 H Sehat, Pemerintah Desa (Pemdes) Sidodadi, Kecamatan Sidomulyo, Lampung Selatan, gelar rangkaian kegiatan bakti sosial berupa khitanan massal, pengobatan gratis serta sosialisasi vaksin dan pembagian masker.

Kegiatan tersebut bekerjasama langsung dengan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Lampung Selatan (Lamsel), acara di gelar di SDN 1 Sidodadi, Kecamatan Sidomulyo, Lampung Selatan, Sabtu 10 April 2021.

Hadir dalam acara tersebut Camat Sidomulyo Rendy Eko Supriyanto, Kapolsek Sidomulyo Iptu Hengky Darmawan, Danramil Sidomulyo Kapten Kav. Hendri Limbong, staf puskesmas Rawat Inap Sidomulyo, BPD, aparatur desa, dan tokoh masyarakat.

Kepala Desa Sidodadi, Sigig Edi Lukman mengatakan rangkaian acara dalam rangka songsong bulan suci Ramadhan Sehat dengan kegiatan bakti sosial yang bekerjasama dengan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) yang di pimpin dr. Wahyu Wibisana bersama 10 team medis.

“Acara pada hari ini berupa khitan masal dengan jumlah 33 anak yang berasal dari seputaran sidomulyo, dengan tujuan mempererat tali silahturahmi antara warga dengan pemerintah desa serta kecamatan. Namun yang lebih penting rangkaian nya untuk membantu warga yang kurang mampu untuk di khitan,” ujarnya.

 

Kegiatan di lakukan lanjutnya, satu hari dengan sumber dana khitan massal dan pengobatan gratis sepenuh nya dari IDI dan pendanaan nya di bantu oleh para danatur salah satunya pihak PLN ada juga sahabat Wulan kemudian perusahaan yang ada diwilayah desa Sidodadi.

Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Lampung Selatan, dr. Wahyu Wibisana memaparkan, Ikatan Dokter Indonesia (IDI) sudah mempunyai program tentang berharap seluruh masyarakat bisa memanfaatkan momen terbaik ini.

“Adapun tujuan diselenggarakannya kegiatan baksos tersebut dalam rangka Bhakti Sosial menjelang Ramadhan dan Hari TB-Day 2021 dengan memberikan pelayanan kesehatan dan khitan secara gratis. Sebanyak 33 anak yang mengikuti khitan massal, sedangkan yang menjalani pengobatan secara gratis ada 67 orang. Jumlah yang yang mengikuti acara bakti sosial hari ini sebanyak 100 peserta,” paparnya.

Dr.Wahyu menambahkan, selain rangkaian acara bakti sosial guna memutus rantai penyebaran virus Covid-19, “bersama pemerintah Desa Sidodadi dan instansi terkait secara bersinergi membagikan 1000 masker face shield kepada masyarakat,” tukasnya.

Ia pun menyampaikan terima kasih banyak kepada instansi lembaga ormas rekan – rekan tim medis dari Ikatan Dokter Indonesia (IDI) yang telah bersinergi untuk terwujudnya kegiatan khitan dan pengobatan massal serta pemberian Sosialisasi Vaksin tersebut semoga memberikan manfaat yang luar biasa kepada masyarakat.

Camat Sidomulyo Rendy Eko Suprayitno yang hadir dalam kegiatan menyampaikan, kegiatan yang sangat baik ini peran serta dari Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Lampung Selatan dan Pemdes sidodadi ada juga dari komunitas, tentunya sangat membantu terutama dalam masa pandemi covid ini.

Karena banyak warga yang memerlukan, baik untuk kesehatan dan anak yang mau di khitan apalagi sekolah dalam keadaan daring ini lebih efektif. Apalagi semuanya gratis yang di suport dari IDI dan donatur lain dan Pemdes Desa Sidodadi.

“Kami sangat mengapesiasi apalagi di laksanakan saat masa pandemi seperti ini mungkin masyarakat banyak terkendala faktor ekonomi, dengan adanya kegiatan semacam ini sangat membantu bagi mereka dan semoga ini terus akan berlanjut,” kata dia. (Slamet Riyadi)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *