Daerah  

Sertu Zulkarnaen Ajak Masyarakat Desa Seloretno Setop Buang Sampah Sembarangan

Avatar photo
Penyampaian program STBM di balai Desa Seloretno

LAMPUNG SELATAN – Babinsa Koramil 421-07 Sidomulyo, ajak masyarakat Desa Seloretno, Kecamatan Sidomulyo, Lampung Selatan, ubah pola pikir dan perilaku untuk tidak membuang sampah sembarangan.

Membuang sampah sembarangan akibatkan persoalan baru yakni mendatangkan penyakit bahkan bisa menjadi bencana pada saat musim penghujan seperti saat ini.

“Banyak dampak buruk akibat buang sampah sembarangan,” kata Anggota Babinsa Seloretno, Sertu Zulkarnaen, saat hadiri lokakarya di balai desa setempat, Rabu 10 Februari 2021.

Kegiatan lokakarya yang di prakarsai Puskesmas Rawat Inap Sidomulyo itu menyampaikan 5 program Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) di balai Desa Seloretno.

“Disampaikan lima pilar program STBM,” ujarnya.

Kelima pilar itu yakni stop buang air besar sembarangan, mencuci tangan pakai sabun dan air mengalir, pengelolaan air minum dan makanan serta pengelolaan limbah cair rumah tangga.

“Pada kesempatan ini fokus dengan setop membuang sampah sembarangan,” ujarnya.

Agar masyarakat hidup sehat, maka harus menciptakan lingkungan bersih dan nyaman dengan membuang sampah pada tempatnya.

“Sampah dibuang ditempatnya dan tidak dibakar,” kata dia.

Dalam setiap kegiatan pembangunan di desa binaan, anggota Babinsa selalu libatkan, termasuk untuk meningkatkan kesadaran, kemauan hidup sehat masyarakat.

“Ini merupakan pembangunan kesehatan untuk masyarakat,” ujarnya. (Hn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *