Mudik Lintasi Lampung, Kapolda: 1.000-an Tim Antibandit Disiagakan

by -1735 Views

BANDARLAMPUNG--Sebanyak 1.000-an lebih personel Tim Khusus Antibandit (Tekab) 308 Polda Lampung disiagakan di sejumlah titik rawan aksi kriminalitas pada arus mudik lebaran Idul Fitri 1444 H tahun 2023.

Ribuan personel Tekab 308 Polda Lampung dan Jajaran (Polres/Polresta) itu, dikhususkan menangani kejahatan jalanan C3 (curat, curas, curanmor) yang berpotensi menimpa masyarakat di jalur mudik wilayah lampung.

Kapolda Lampung, Irjen Pol Helmy Santika mengatakan, seluruh anggota tim Tekab 308 ini, dikerahkan khusus untuk pengamanan pemudik lebaran.

“Stigma tingkat kejahatan di Lampung, tentunya harus dijawab dengan kerja keras tim,”kata Helmy saat apel gelar pasukan Tekab 308 di Bandarlampung, Sabtu (15/4) malam.

Menurutnya, tim antibandit ini didukung bantuan Brimob, sniper, Samapta dan Satresnarkoba di wilayah Jajaran (Polres/Polresta) masing-masing.

Kapolda Helmy mengutarakan, perlintasan jalur mudik di wilayah Lampung ada empat jalur, diantaranya jalan tol JTTS, Jalan Lintas Tengah (Jalinteng) Sumatera, Jalan Lintas Pantai Timur (Jalinpantim) dan Jalan Lintas Barat (Jalinbar).

Jalur lintasan pemudik tersebut, khususnya melalui jalan arteri Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum) dengan melewati beberapa titik rawan kejahatan jalanan seperti pemalakan hingga pencurian dengan kekerasan (curas) atau pembegalan.

“Pastinya, kita berikan rasa aman dan nyaman bagi pemudik yang melintasi Lampung khususnya pengungkapan kejahatan yang meresahkan,”terangnya.

Dikatakannya, Tekab 308 Polres Lampung Selatan akan berkonsentrasi di jalur mudik Jalinteng wilayah Selatan, yakni mulai dari Pelabuhan Bakauheni hingga perbatasan Kota Bandarlampung di Kecamatan Panjang serta sebagian Jalinpantim.

Selanjutnya untuk Tekab 308 Polresta Bandarlampung, difokuskan jalan arteri Bypass Soekarno-Hatta dan sebagian Jalinbar yang menuju ke arah Kabupaten Pesawaran.

“Jalinbar ini melintasi tiga wilayah Polres jajaran, yakni Polres Pesawaran, Polres Pringsewu dan Polres Tanggamus,”kata dia.

Jalinbar bagian tengah, lanjut Kapolda Helmy, melintasi Polres Lampung Utara, Polres Lampung Barat dan Polres Pesisir Barat.

“Jalinbar bagian tengah ini adalah jalur utama menuju Provinsi Bengkulu melalui Pesisir Barat Selatan Sumatera,”ujarnya.

Sedangkan untuk pengamanan mudik di Jalinteng bagian tengah, dikawal Tekab 308 Polres Lampung Tengah.

“Polres Tulangbawang, Tulangbawang Barat dan Polres Mesuji, mengmanakan Jalinteng bagian timur yang berbatasan dengan Ogan Komering Ilir (OKI), Sumatera Selatan,”pungkasnya.

Selain disiagakannya personel Tekab 308, Polda Lampung menyiapkan 83 Pos Pelayan (Posyan) dan Pos Pengamanan (Pospam) yang tersebar di sejumlah titik di wilayah Lampung selama arus mudik dan arus balik lebaran tahun 2023.

“Pos-pos itu terdiri dari 21 Posyan, 16 Pospam dan 1 unit Pos Terpadu yang terpusat di Pelabuhan Bakauheni,”kata Kabid Humas Polda Lampung, Kombes Pol Zahwani Pandra Arsyad.

Kemudian untuk jumlah personel yang dikerahkan Polda Lampung sebanyak 2.686 personel, dan jumlah personel lintas sektoral sebanyak 4.664 orang.

“Proses pengamanan dan pelayanan selama arus mudik dan balik lebaran ini, melibatkan personel gabungan dari sejumlah instansi,”jelasnya. (red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.