Agus Sartono Kembali Mengajak Masyarakat Pahami Nilai Nilai Pancasila Sebagai landasan Kehidupan Sehari-hari

by -578 Views

LAMPUNG SELATAN–Idiologi Pancasila dan Wawasan Kebangsaan lebih ke pengenalan tentang berbangsa dan bernegara yang berlandaskan Pancasila sesuai Permendagri 71/2012 Tentang Pedoman Pendidikan Wawasan Kebangsaan Pasal 1 Ayat 1.

Wawasan Kebangsaan Adalah Cara Pandang Bangsa Indonesia tentang diri dan lingkungan dengan mengutamakan persatuan dan kesatuan bangsa serta kesatuan Wilayah yang dilandasi Pancasila UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945, Bhineka Tunggal Ika Dan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Hal tersebut disampaikan Wakil Ketua I DPRD Lampung Selatan, dari Fraksi PAN Agus Sartono, saat mensosialisasikan Idiologi Pancasila dan Wawasan Kebangsaan (IPWK) yang dipusatkan di Dusun Karang Tempel Desa Sidomulyo Kecamatan Sidomulyo, Minggu (19/3/2023).

Menurutnya, Ideologi pancasila adalah kumpulan nilai dan norma yang menjadi landasan keyakinan dan cara berpikir untuk mencapai tujuan berdasarkan lima sila merupakan penjelasan umum dalam ideologi ini.

“Ideologi ini bersumber pada nilai-nilai yang terkandung dalam lima pasal pancasila merupakan aturan mengenai moral, karenanya pelaksanaan harus berdasarkan pada keyakinan dan kesadaran penggunanya.

“Jika aturan pancasila sebagai ideologi negara dilanggar, maka hukuman berupa sanksi moral dan sanksi sosial harus bisa diterima.”ujar Legeslatif dari Fraksi PAN itu.

Dijelaskan, Pancasila sebagai ideologi negara mengalami masa perkembangan, seperti halnya di masa orde lama, orde baru dan era reformasi.

“Berbagai pihak dan ahli sepakat jika ideologi adalah kumpulan gagasan yang disepakati bersama dan merupakan ciri khas bangsa indonesia. Bangsa indonesia bangga memiliki pancasila sebagai ideologi yang terkandung dalam kelima asas pancasila dijadikan sebagai patokan aturan oleh bangsa ini dalam berbuat di kehidupan masyarakat serta bernegara.”terang Agus.

Agus berharap materi yang disampaikan dapat diserap dengan baik agar menjunjung tinggi Ideologi Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

“Saya berharap dengan adanya pertemuan hari ini dapat memberikan pemahaman kita terkait kewajiban dan tanggung jawab selaku warga negara untuk bersama-sama menjaga nilai-nilai Pancasila di dalam setiap aspek kehidupan.

“Semoga kegiatan pada hari ini dapat memperkuat jiwa nasionalisme dan karakter kebangsaan, serta mewujudkan perilaku yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila dalam setiap aspek kehidupan”. pungkasnya.

Diketahui dalam kegiatan tersebut dihadiri, kepala Desa Sidomulyo Misiran,Kadus setempat,tokoh Masyarakat tokoh agama, tokoh pemuda dan ratusan peserta sosialisasi IPWK serta para tamu undangan. (LT)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.