Damkar Lampung Selatan Evakuasi Sarang Lebah Vespa Affinis

by -1031 Views
Tim Rescue Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) dan Penyelamatan Lampung Selatan evakuasi sarang lebah (tawon) jenis Vespa Affinis atau sering disebut juga Tawon Ndas di dua tempat berbeda, Senin (9/1/23) malam.

LAMPUNGSELATAN–Tim Rescue Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) dan Penyelamatan Lampung Selatan, mengevakuasi sarang lebah (tawon) jenis Vespa Affinis atau sering disebut juga Tawon Ndas di dua tempat berbeda, pada Senin (9/1/23) malam.

Awalnya, petugas Damkar dengan menggunakan Alat Pelindung Diri (APD) lengkap mengevakuasi lebah jenis Vespa Affinis (Tawon Ndas) yang bersarang di pohon Jambu Jamaika di komplek kantor Dinas PU Lampung Selatan sekitar pukul 18.25 WIB. Proses evakuasi itu selesai, satu jam kemudian atau sekitar pukul 19.10 WIB.

Kemudian evakuasi sarang lebah jenis yang sama berikutnya, yakni di rumah seorang warga bernama Masinem (54) di Dusun Kebun Agung, Desa Taman Agung, Kecamatan Kalianda sekitar pukul 20.30 WIB.

Petugas Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) dan Penyelamatan Lampung Selatan evakuasi sarang lebah (tawon) jenis Vespa Affinis (Tawon Ndas) bersarang di pohon Jambu Jamaika komplek kantor Dinas PU Lampung Selatan, Senin (9/1/23) malam.

“Pagi tadi salah satu staff Dinas PU melapor, lalu kami lakukan evakuasi malam hari ini. Evakuasi sarang lebah jenis Vespa Affinis (Tawon Ndas) ini kita lakukan malam hari, mencegah agar tidak menyerang (menyengat) warga,”kata Kabid Damkar dan Penyelamatan Lampung Selatan, Ruli Fikriansyah, Senin (9/1/23) malam.

Ruli mengatakan, saat proses evakuasi, karena sarang lebahnya terbilang cukup lumayan besar, lampu disekitar komplek Dinas PU itu kita padamkan sementara. Hal ini dilakukan, agar lebah tidak berkeliaran atau terbang kemana-mana.

“Untuk besaran sarang lebahnya, tingginya mencapai 80 cm dengan diameter 50 cm,”ujarnya.

Kemudian, untuk evakuasi sarang lebah yang berada di kediaman Masinem (54), warga Dusun Kebun Agung, Desa Taman Agung, tidak berlangsung lama kerana posisi sarang lebah yang menempel di kayu atap rumah mudah dijangkau dan juga tidak terlalu besar.

“Kalau evakuasi sarang lebah di rumah ibu Masinem, sekitar 20 menit selesai karena sarang lebahnya mudah dijangkau. Alhamdulillah semua berjalan lancar, tak ada kendala apapun,”kata dia.

Evakuasi sarang lebah jenis Vespa Affinis (Tawon Ndas) di rumah seorang warga bernama Masinem (54) di Dusun Kebun Agung, Desa Taman Agung, Kecamatan Kalianda, Senin (9/1/23) malam.

Dikatakannya, sejauh ini memang belum ada laporan baik itu dari karyawan di Dinas PU ataupun warga Desa Taman Agung yang terkena sengatan lebah jenis Vespa Affanis atau biasa disebut Tawon Ndas ini, tapi membuat para karyawan Dinas Pu maupun warga merasa tidak nyaman dengan keberadaan sarang lebah tersebut.

Meski demikian, lanjut Ruli, potensi tersebut tentu membuat ancaman bagi manusia jika dalam suatu wilayah pemukiman ataupun kantor, terdapat koloni lebah (tawon) jenis Vespa Affanis (Tawon Ndas).

“Kami mengimbau kepada warga, agar segera melaporkan jika mengetahui adanya sarang lebah (tawon) dan binatang berbisa lainnya yang berpotensi mengganggu kenyamanan warga,”pungkasnya (Tbs/Red).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.