Deklarasi Damai Pilkades PAW Desa Beringin Kencana, Ciptakan Situasi Kondusif

by -970 Views
Deklarasi damai pemilihan Calon Kepala Desa (Cakades) Pergantian Antar Waktu (PAW) Desa Beringin Kencana, Kecamatan Candipuro, Lampung Selatan yang dilaksanakan di Aula Kantor Desa setempat, Jumat (16/12/2022).

LAMPUNGSELATAN—Sebagai salah satu upaya untuk menciptakan situasi kondusifitas Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) yang sejuk dan damai di wilayah Kecamatan Candipuro, Lampung Selatan, Forkopimcam Candipuro beserta Polsek Candipuro dan tiga Calon Kepala Desa (Cakades) menggelar deklarasi damai di Aula Kantor Desa Beringin Kencana, Jumat (16/12/2022).

Acara tersebut, dihadiri Camat Candipuro Achmad Solatan Nurohman, Kapolsek Candipuro AKP Gunawan, perwakilan Koramil 041-07 Sidomulyo Serda Parwoto, PJ Kades Beringin Kencana Sunardi, Ketua BPD, tokoh masyarakat, seluruh panitia Pilkades PAW Desa Beringin Kencana dan ketiga Calon kepala desa (Cakades) PAW Beringin Kencana, Eko Ariyanto, Larasati dan Sutanto.

Dalam sambutannya, Camat Candipuro, Achmad Solatan Nurohman meminta kepada tiga kandidat Cakades Pergantian Antar Waktu (PAW) Desa Beringin Kencana yang akan dilaksanakan pada Rabu (21/12/2022) mendatang, agar dapat menjaga dan menciptakan situasi Pilkades damai, sejuk, bersikap kooperatif  serta tidak menebar isuyang negativ sampai nanti ditentukannya Kades terpilih yang baru.

“Kades yang terpilih nanti, jangan sampai membeda-bedakan warganya. Sedangkan untuk kandidat Cakades yang tidak terpilih, harus legowo dengan hasil keputusan siapa yang akan terpilih sebagai Kades Beringin Kencana nanti,”kata Solatan, Jumat (16/12/2022).

Sementara Kapolsek Candipuro, AKP Gunawan dalam arahannya mengimbau kepada para Cakades dan pendukung masing-masing Cakades, harus dapat menjaga situasi Kamtibmas dalam berkampanye agar tidak menimbulkan gesekan satu sama lain dan menerima hasil keputusan akhir siapa Kades Beringin Kencana terpilih nanti.

“Kami berharap, pelaksanaan Pilkades Beringin Kencana dapat berjalan dengan aman dan terkendali. Semoga Kades Beringin Kencana terpilih nanti, bisa memberikan kenyamanan dan kondusifitas bagi masyarakat desa,”ujarnya.

“Sekali saya imbau kepada masyarakat, agar dapat menciptakan situasi yang aman dan nyaman mulai dari awal hingga akhir pelaksanaan Pilkades,”pungkasnya.

Hal senada dikatakan Bintara Pembina Desa (Babinsa) Beringin Kencana, Serda Parwoto mengatakan, bahwa keamanan adalah  faktor penting dalam pelaksanaan Pilkades Beringin Kencana.

“Kedepan, Desa Beringin Kencana bisa lebih maju lagi dan kami berharap Kades yang terpilih nanti bisa bersinergi lebih baik lagi dengan masyarakat,”kata dia.

Ketua panitia Pilkades PAW Desa Beringin Kencana, Ahmad Mukhlis Haryadi mengatakan, deklarasi damai ini dilaksanakan, untuk mengantisipasi terjadinya gesekan antar pendukung calon dan sekaligus penandatangan pernyataan Ikrar Pilkades Damai oleh masing-masing Calon Kepala Desa (Cakades) dalam pelaksanaan Pilkades PAW pada Rabu (21/12/2022) mendatang.

“Hal tersebut dilakukan, yakni untuk menjamin kondusifitas dalam pelaksanaan Pilkades Beringin Kencana agar dapat berjalan lancar, aman dan damai,”kata Mukhlis.

Ia mengutarakan, tahapan demi tahapan dalam pelaksanaan Pilkdes PAW Desa Beringin Kencana ini, sudah berjalan sesuai dengan mekanisme hingga tahapan penetapan Cakades sampai pengundian nomor urut Cakades.

“Mudah-mudahan di hari pelaksanaan pemilihan nanti  dapat berjalan dengan aman, nyaman dan kondusif. Boleh saja punya pilihan pimpinan berbeda dan persepsi berbeda, namun sipapun nantinya yang teperlih sebagai Kades itulah pemimpin kita yang ada di Desa Beringin,”pungkasnya.

Deklarasi dama ini diikuti tiga kandidat Cakades, Panitia dan Pengawas Pilkades setempat menghasilkan kesepakatan. Cakades siap terpilih dan tidak terpilih dalam Pilkades PAW Desa Beringin Kencana 2022.

Para Cakades sepakat mematuhi dan melaksanakan peraturan perundang-undangan yang berlaku, serta mengedepankan etika dan moralitas selama pelaksanaan Pilkades. Tidak akan melakukan money politik, menyebar issu sara dan berita hoaxs dalam melaksanakan Pilkades serta bersedia menciptakan situasi yang sejuk dan damai.

Panitia Pilkades PAW Desa Beringin Kencana, Kecamatan Candipuro, Lampung Selatan saat gelar rapat pleno Daftar Pemilih Sementara (DPS).

Diketahui, Penitia Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Pergantian Antar Waktu (PAW) Desa Beringin Kencana, Kecamatan Candipuro, Lampung Selatan mentepkan tiga Calon Kepala Desa (Cakades). Penetapan Cakades tersebut, setelah melewati beberapa tahapan.

Selain penetapan tiga Cakades, panitia Pilkades juga telah melakukan pengundian nomor urut calon dimana ditetapkan nomor urut Cakades 1 Eko Ariyanto, nomor urut 2 Larasati dan nomor urut 3 Sutanto.

Penetapan dan pengundian nomor urut Cakades PAW Desa Beringin Kencana ini, berdasarkan surat Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kabupaten Lampung Selatan dengan nomor: 140/482/IV.13/2022 tanggal 7 Desember 2022 Tentang Penetapan Calon Kepala Desa.

Sebelum dilakukan pemilihan, para Cakades diberikan kesempatan untuk mensosialisasikan visi misi atau kampanye terhitung sejak tanggal 17-19 Desember 2022. Kemudian untuk mengantisipasi terjadinya gesekan antar pendukung, panitia Pilkades akan melakukan deklarasi damai.

Selanjutnya pada Rabu (14/12/2022) lalu, Penitia Pilkades PAW Desa Beringin Kencana, Kecamatan Candipuro, Lampung Selatan telah menggelar Rapat pleno penetapan Daftar Pemilih Sementara (DPS).

Rapat pleno penetapan DPS dipimpin Ketua Panitia Pilkades PAW Desa Beringin Kencana, Ahmad Mukhlis Haryadi serta dihadiri Pjs Kepala Desa Beringin Kencana Sunardi, ketua BPD beserta anggota, ketua RW dan RT serta seluruh penitia Pilkades PAW Desa Beringin Kencana yang dipusatkan di Aula Kantor Desa setempat.

Jumlah pemilih Desa Beringin kencana yang masuk dalam Daftar Pemilih Sementara (DPS) sebanyak 144 yang memiliki hak pilih.

“Setelah penetapan DPS ini, kami akan melakukan pendataan kepada warga yang mempunyai atau sudah memiliki hak pilih tetapi belum masuk ke DPS untuk dimasukkan ke Daftar Pemilihan Tambahan (DPT),” Ketua panitia Pilkades PAW Desa Beringin Kencana, Ahmad Mukhlis Haryadi.

Setelah di validasi nama-nama hak pilih dan sesuai dengan KTP, kata Mukhlis, maka masuk ke Daftar Pemilih Tetap (DPT) melalui surat keputusan hak pilih.

“Daftar pemilih sementara ini, akan di validasi nama sesuai dengan KTP yang ada dan akan di tetapkan bersama melalui surat keputusan PMD yang disepakati oleh para Cakades,”kata dia. (Ndi/Red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.