Pemudik Pejalan Kaki Asal Jawa Mulai Ramai Padati Pelabuhan Bakauheni

by -183 views
Pemudik pejalan kaki asal pulau jawa mulai ramai padati Pelabuhan Bakauheni pada H-5 lebaran, Rabu (27/4/2022)

LAMPUNGTERKINI.ID, LAMPUNG SELATAN – Memasuki H-5 lebaran, arus mudik pejalan kaki asal pulau jawa mulai ramai berdatangan memadati Pelabuhan Bakauheni, Rabu (27/4) sore.

Pantauan media lampungterkini.id, para pemudik pejalan kaki mulai ramai berdatangan, mereka turun dari kapal melalui dermaga 2 Pelabuhan Bakauheni. Selain pemudik pejalan kaki, pemudik menggunakan kendaraan pribadi juga mulai terpantau ramai.

Selain pemudik asal pulau jawa yang mulai ramai tiba di Pelabuhan Bakauheni, pemudik yang hendak ke pulau jawa pun, terpantau mulai mengalami peningkatan. Seluruh dermaga Pelabuhan Bakauheni, alami kemacetan saat menuju pintu masuk kapal.

Salah seorang pemudik dari Bekasi, Yati (45) mengatakan, Ia bersama suami dan kedua anaknya mudik lebaran lebih awal, agar tidak terkena penumpukan dan kemacetan selama diperjalanan.

“Kami dari Bekasi mau mudik ke Lampung Timur, alhamdulillah di perjalanan lancar dan tidak kena macet. Sengaja mudik lebih awal, karena suami liburnya tidak terlalu panjang,”kata IRT ini kepada lampungterkini.id, Rabu (27/4/2022).

Menurut pemudik lainnya, Sopyan (41) saat ditemui ketika sedang menunggu armada bus yang akan ditumpanginya menuju ke kampung halamannya di Kabupaten Way Kanan, Lampung mengatakan, dirinya sempat terkena kemacetan dalam perjalanan saat berada di tol Bekasi dan ketika mau masuk ke Pelabuhan Merak.

“Ya lumayan lama mas tadi kena macetnya, paling lama saat di Pelabuhan Merak sampai tiga jam lebih dan antrean kendaraan juga panjang,”kata pria yang bekerja di Tangerang ini.

Sementara salah seorang petugas jembatan laut Pelabuhan Bakauheni, Nauri menuturkan, pemudik pejalan kaki asal pulau jawa yang tiba di Pelabuhan Bakauheni, sudah mulai terpantau ramai pada hari ini. Begitu juga dengan pemudik yang menggunakan sepeda motor, namun belum mengalami kenaikan (lonjakan) signifikan.

“Selain pemudik pejalan kaki dan pemotor, pemudik yang menggunakan kendaraan roda empat juga sudah mulai ramai dan mayoritas pemudik yang menggunakan kendaraan pribadi,”ujarnya.

Menurutnya, semakin mendekati lebaran, peningkatan arus mudik di Pelabuhan Bakauheni akan terus terjadi. Diperkirakan, puncak arus mudik lebaran tahun 2022 ini, akan terjadi pada Jumat (29/4) atau H-3 lebaran.

“Biasanya mulai meningkat atau puncak lonjakannya, jelang H-3 lebaran untuk pemudik pejalan kaki dan yang menggunakan sepeda motor. Pemudik pejalan kaki dan pemotor ini, lebih memilih penyeberangan itu biasanya malam hari,”kata dia.

Berdasarkan data angkutan volume mudik PT. ASDP Cabang Bakauheni pada H-5 lebaran, Rabu (27/4/2022) jumlah pemudik pejalan kaki maupun didalam kendaraan sebanyak 38.267 orang. Rinciannya, 2.285 penumpang pejalan kaki dan 35.982 penumpang dalam kendaraan.

Kemudian untuk kendaraan roda dua sebanyak 995 unit, mobil pribadi sebanyak 5.589 unit, 195 unit bus dan 1.373 unit truk/lebih. Jumlah keseluruhan kendaraan yang datang di Pelabuhan Bakauheni pada H-5 lebaran sebanyak 8.152 unit.

Sementara data keberangkatan dari lintasan Pelabuhan Bakauheni-Merak H-5 lebaran pada pukul 08.00 WIB-20.00 WIB , total penumpang sebanyak 19.451 orang. Jumlah ini terdiri dari pejalan kaki 590 orang dan 18.861 penumpang dalam kendaraan.

Untuk total kendaraan sebanyak 3.917 unit, terdiri dari roda dua sebanyak 236 unit, kendaraan roda empat (pribadi) sebanyak 2.391 unit, bus sebanyak 219 unit dan truk atau kendaraan besar sebanyak 1.071 unit. (Ndi/Her)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.