Pemkab Lampung Selatan Bersama Baznas Salurkan Zakat Fitrah 10 Ton Beras

by -32 views

LAMPUNG SELATAN–Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan bersama Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Lampung Selatan menyalurkan bantuan zakat fitrah 10 Ton beras bagi Mustahiq (penerima zakat) se-Kabupaten Lampung Selatan.

Pada kesempatan itu, Bupati Lampung Selatan H. Nanang Ermanto secara langsung melepas pendistribusian zakat fitrah untuk warga Lampung Selatan di halaman Masjid Agung Kalianda, pada Senin (25/4/2022).

Hadir pada kesempatan tersebut, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Lampung Selatan Thamrin, Asisten Bidang Administrasi Umum (Adum) Lampung Selatan Badruzzaman, Inspektur Lampung Selatan Anton Carmana, Komisaris Utama BUMD PT. Lampung Selatan Maju (Perseroda) Supriyanto, Para Camat Lampung Selatan, pengurus Baznas Lampung Selatan serta jajaran terkait lainnya.

Ketua Baznas Lampung Selatan A. Mukhlisin menyampaikan, tugas dari Baznas disini yaitu, menghimpun dan mengelola zakat fitrah Aparatur Sipil Negara (ASN) yang ada di Kabupaten Lampung Selatan, hampir 100% ASN di Lampung Selatan sudah melaksanakan zakat fitrah melalui Baznas.

“Laporan kami, menurut informasi ASN yang ada di Lampung Selatan sekitar 7.000 orang dan ini zakat yang melalui kami sudah ada 6.604 orang, sehingga ini sudah hampir 100%. Ditambah dari forkopimda Lampung Selatan ada yang masuk ini dari Kemenag, yang dari Kemenag yang masuk ada 767 pegawai yang zakat melalui kita, dan insyaallah yang lain belum,” ujar ketua Baznas Lampung Selatan.

Mukhlis juga menambahkan, semoga kedepan bisa labih baik sehingga Baznas Lampung Selatan bisa dirasakan manfaatnya oleh masyarakat Lampung Selatan. Hari ini ada 10 Ton beras yang akan didistribusikan melalui Unit Pengumpul Zakat (UPZ) atau perpanjangan tangan yang sudah di bentuk di 17 Kecamatan.

“Alhamdulillah 17 Kecamatan sudah terbentuk, dan ini Alhamdulillah telah hadir para ustadz dan para kyai yang insyaallah akan membantu perjalanan lancarnya Baznas kedepan,” tambahnya.

Dikesempatan yang sama, Bupati Lampung Selatan H. Nanang Ermanto sangat mengapresiasi kegiatan ini, terutama untuk ASN Lampung Selatan yang telah memberikan suatu dukungan kepada Baznas untuk kepedulian, kewajiban sebagai umat Islam untuk membayar zakat fitrah.

“Saya juga mengapresiasi jajaran Baznas yang baru beberapa bulan kita bentuk, yang selama ini vakum, insyaallah harapan kita bahwa Baznas ini sangat penting sebagai pondasi Pemerintah Daerah juga,” ungkap Bupati Lampung Selatan.

Nanang Ermanto juga menuturkan, kemandirian dalam segala aspek pembangunan, insfrastruktur, pendidikan dan kesehatan. Hadirnya Baznas ini nanti akan hadir ditengah-tengah masyarakat terutama aspek pendidikan, kesehatan dan rumah tidak layak huni.

“Bagaimana nanti kita seluruh elemen yang ada di Lampung Selatan, pelaku-pelaku usaha kita ajak diskusi, untuk bagaimana memberikan zakatnya kepada Baznas Lampung Selatan. Karena peran serta pelaku usaha itu, Pemerintah Daerah adalah untuk kesejahteraan pembangunan untuk masyarakat itu sendiri,” tutur Bupati Lampung Selatan. (Nsy).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.